Banjar  

Haul Ulama Banjar KH Zainal Ilmi di Langgar Hidayah Desa Dalam Pagar Ulu

Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyi menghadiri peringatan haul ke-68 KH Zainal Ilmi bin Abdul Samad Al Banjari, di Langgar Hidayah Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Rabu (22/5/2024) malam. (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten banjar/koranbanjar.net)

Ribuan jemaah termasuk Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyi menghadiri peringatan haul ke-68 KH Zainal Ilmi bin Abdul Samad Al Banjari, di Langgar Hidayah Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Rabu (22/5/2024) malam.

BANJAR,koranbanjar.net – Peringatan haul diisi dengan pembacaan maulid habsyi dipimpin oleh Guru Abdul Hakim.

Beberapa syair dilantunkan termasuk syair ya syekhona ya samman yang semakin menambah kekhusyuan kegiatan.

Dalam manaqif yang dibacakan Ananda Muhammad Zein, disebutkan KH Zainal Ilmi bin Abdul Samad lahir pada Sabtu subuh 7 Rabiul awal 1304 H di Desa Dalam Pagar, yang merupakan salah satu keturunan dari Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datuk Kelampaian.

Sejak kecil hingga dewasa sudah belajar ilmu-ilmu agama dari orang tua dan keluarga yang sangat kental dengan ilmu agama seperti ilmu tauhid, fiqih dan akhlak.

“Ahklakul karimah, sopan santun saat berbicara sangat melekat dalam diri beliau, sehingga sejak kecil sudah nampak kesalehannya,” ucapnya.

Ulama yang sangat berpengaruh di masyarakat dan pejabat pemerintah, sehingga banyak yang datang kepadanya untuk mendapatkan ilmu, nasihat, doa serta keberkahan dari beliau.

Almarhum adalah sosok ulama rendah hati, tawaddu, tidak pemarah dan penuh kasih sayang terhadap murid-muridnya.

Pemurah, menyantuni anak yatim dan para janda tua setiap bulannya yang tidak diketahui oleh orang banyak kecuali orang suruhannya. Akhlak seperti itulah yang mengangkat derajatnya di sisi Allah.

Wafat pada Jumat 13 Zulkaidah 1375 H jam 12 siang, dimakamkan keesokan harinya pada Sabtu di samping orang tua di Desa Kelampayan, Kecamatan Astambul. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *