Baznas

Haul Ke 71 Habib Basirih Dilaksanakan 4 Februari, Akan Dihadiri Para Sultan

  • Bagikan

BANJARMASIN – Peringatan Haul ke 71 Almajdzub Billah Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim yang lebih dikenal dengan sebutan Habib Basirih, tahun ini puncak acara dilaksanakan pada 18 Jumadil Awal 1439 H atau Minggu 04 Februari 2018.

Pelaksanaan Haul Habib Basirih kali ini dipastikan berlangsung lebih berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.  Karena selain semakin banyak jamaah yang hadir, ditambah dengan kabar bahwa Sultan dari beberapa kerajaan, baik dari dalam maupun luar negeri memastikan turut berhadir.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Habib Fathur bin Idrus Bahasyim bin Hasan bin Hamid bin Abbas Bahasyim, yang juga merupakan buyut langsung dari Babib Basirih, sultan atau raja yang memastikan hadir antara lain, Kerajaan Patani dari Thailand, Kesultanan Kubu Al Idrusiah dari Pontianak, Kerajaan Tiworo dari Sulawesi, Kerajaan Sabamban dari Tanah Bumbu, Kerajaan Paser Tanah Grogot dari Kaltim dan Kesultanan Banjar.

Adapun sebagai penghargaan terhadap tamu para Sultan, panitia telah mempersiapkan acara tambahan berupa ziarah makam Sultan Suriansyah dengan menggunakan transportasi air (susur sungai) dan Malam Ramah Tamah yang akan diisi dengan acara hajir marawis yang dilaksanakan pada hari puncak .

Jika tahun-tahun sebelumnya jamaah yang hadir sekitar 70-80 ribu orang, maka tahun ini dapat dipastikan akan lebih dari 100 ribu.

Habib Fathur  Bahasyim juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat kota Banjarmasin yang telah membantu hingga acara haul ini bisa berjalan lancar, dan secara khusus kepada Pemerintah kota Banjarmasin di bawah pimpinan Walikota H Ibnu Sina yang mendukung penuh kegiatan rangkaian haul.

Untuk pengaturan parkir, roda 4 bisa memarkir di Basirih seberang, sedangkan roda 2 bisa parkir di sepanjang Jl Gubernur Soebarjo ke arah Pelabuhan Trisakti.(leo)

  • Bagikan