Tak Berkategori  

Harjad Dimeriahkan Festival Kesenian Tradisonal

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET- Memperingati HUT ke 73 Proklamasi Kemerdekaan RI, Hari Jadi ke 68 Kabupaten Banjar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banjar menggelar even tahunan yang akan berlangsung selama 16 hari.

Adapun isi berbagai macam lomba kesenian tradisional, di antaranya Sinoman Hadrah, Festival Maulid Habsi, Lomba Pantun, Festival Rebbana, Bakisah Bahasa Banjar dan Festival Rudat.

Sebagai pembuka Rabu (01/08/2018) ini, Disbudpar terlebih dulu menggelar Festival Sinoman Hadrah yang akan digelar selama dua hari dan diikuti 14 grup Sinoman Hadrah yang diketahui hari pertama menampilkan 6 grup dan hari kedua 8 grup.

HADRAH - Senoman hardah.
HADRAH – Senoman hardah.

“Ini dalam rangka HUT ke-73 RI dan Hari Jadi ke 68 Kabupaten Banjar, kita menggelar even tahunan, dan hari pertama ini kita gelar festival Sinoman Hadrah dan total ada 6 even macam jenis lomba yang kita gelar,” ujar Kepala Disbudpar Banjar, Haris Rifani.

Dia menambahkan, pemenang grup Sinoman Hadrah yang berhasil menjadi juara 1 akan mewakili Kabupaten Banjar di ajang festival Sinoman Hadrah di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan,  even tahunan ini sebagai wadah untuk memperkenalkan dan mempertahankan even budaya khas Banjar.

“Inilah sarana untuk menbangkitkan semangat dan kesatuan serta persatuan wujud kepedulian bersama masyarakat dan pemkab daerah dalam melestarikan kearifan lokal.   Ini penting bagi generasi muda bagi pilar penerus cita-cita bangsa,” katanya.(sai/sir)