oleh

KPH Cantung Gencar Laksanakan Revolusi Hijau

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Berkaitan dengan rencana pelaksanaan revolusi hijau di dua tempat di Desa Telaga Sari, Cantung, Kabupaten Kotabaru, Rabu (25/07/2018), Resort Polisi Hutan (RPH) Sungai Kupang berkoordinasi dengan Pjs. Kepala Desa Telaga Sari dan Sekolah SMK 1 Telaga Sari, melaksanakan rapat koordinasi.

Pjs. Kepala Desa setempat berencana membangun taman wisata Desa Telaga Sari seluas 3,75 ha, untuk itu pihak desa meminta bantuan bibit kepada KPH Cantung untuk ditanam di lokasi rencana taman wisata.

Sedangkan SMK 1 Telaga Sari mengajukan permintaan bibit kepada KPH Cantung untuk ditanam di kebun sekolah yang akan dijadikan media praktik siswa.

Tiga hari berselang (28/07/2018), untuk menyukseskan program Revolusi Hijau Gubernur Kalsel. KKPH, Kasi beserta staf KPH Cantung berkoordinasi dengan Camat Pamukan Barat menyerahkan bibit MPTS sebanyak 1.500 batang yang terdiri dari petai 650 batang, jengkol 600 batang, rambutan 150 batang dan alpukat 100 batang untuk kegiatan revolusi hijau di kecamatan tersebut.

Kegiatan identifikasi potensi wisata air terjun “Kamandamin” pun dilakukan di hari yang sama di Desa Batuah Kecamatan Pamukan Barat yang memiliki tinggi air terjun 30 m.

PEMBEKALAN – KPRH Pulau Laut Tengah melaksanakan pembekalan keterampilan kepada masyarakat.
PEMBEKALAN – KPRH Pulau Laut Tengah melaksanakan pembekalan keterampilan kepada masyarakat.

Sementara itu, tim KPH PLS yang terdiri dari penyuluh dan bakti rimbawan beserta KRPH Pulau Laut Tengah dan staf melaksanakan pembekalan keterampilan masyarakat melalui bimbingan teknis budidaya lebah madu/kelulut yang diikuti kelompok Desa Sungai Pasir dan Desa Langkang Baru di Desa Sungai Pasir (26/07/2018).

Kegiatan tersebut sebagai upaya percepatan perhutanan sosial yang dilakukan tim KPH PLS untuk mendukung pembangunan kehutanan melalui penyuluh kehutanan. Di sela kegiatan tersebut, tim juga mendatangi pantai di Desa Sungai Pasir untuk melakukan pengecekan lokasi yang akan ditanami tanaman mangrove sebagai implementasi program Kadishut untuk menyukseskan program Revolusi Hijau.

Sehari berselang, RPH Amandit turut menyukseskan program revolusi hijau dengan melaksanakan pemeliharaan berupa penyulaman tanaman di lokasi kanan kiri jalan Desa Tambarangan menuju Desa Pantai Cabe dengan bibit Mahoni yang diambil dari persemaian BPDAS Banjarbaru.(dishutkalsel/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: