MTQ Nasional Kalsel
Tak Berkategori  

Hari Pertama UNBK, Salah Satu Soal Tidak Bisa Di-klik

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Salah satu soal dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan di SMKN 1 Banjarbaru tidak bisa dikerjakan siswa. Hal itu diduga karena link pada soal tersebut gagal terhubung. Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Banjarbaru, Rosehan Anwar, mengatakan soal yang bermasalah itu hanya satu dan juga terjadi di sekolah-sekolah lain.

Penyelenggaraan UNBK tahun ini adalah kali yang kedua. Seluruh sekolah dari Sabang sampai Merauke tidak lagi menggunakan kertas, baik dari lembar soal maupun lembar jawaban. Semuanya dilakukan di komputer. Dengan diterapkannya system UNBK ini diyakini akan mempermudah jalannya ujian. Namun diluar kehendak itu, ada-ada saja kejadian yang menghambat lancarnya ujian siswa.

Salah satunya terjadi di SMKN 1 Banjarbaru. Salah satu soal yang mestinya dapat dikerjakan para siswa namun tidak dapat mereka kerjakan. Pasalnya dalam soal tersebut tidak bisa di-klik pilihan jawaban soal pada komputer.

“Ada satu soal yang tidak bisa terbaca anak-anak. Mereka tidak bisa mengklik sehingga tidak bisa dikerjakan,” ujar Kepala SMK Negeri 1 Banjarbaru, Rosehan Anwar, kepada koranbanjar.net, Senin (2/4).

Ia menduga, hal itu terjadi karena link soal tersebut gagal terhubung sehingga tidak dapat di-klik.

“Itu mungkin link-nya saja. Karena terlalu kebanyakan lalu terlewatkan dilink-kan,” katanya.

Nanum, lanjutnya, sudah dibuatkan berita acara dan akan diserahkan ke Dinas Pendidikan Provinsi yang kemudian dilanjutkan ke Pusat. “Jadi kita nunggu tindak lanjut dari pusat saja bagaimana nantinya. Walau hanya satu soal tetapi kan juga berpengaruh kepada nilai” tuturnya.

Ia menambahkan, hal ini tidak hanya terjadi di sekolahnya saja, namun juga terjadi di sekolah-sekolah lain. “Di sekolah lain juga terjadi seperti ini, dan katanya soalnya pun sama,” tambahnya.

Selain soal yang tidak bisa di-klik, selebihnya tidak ada masalah di hari pertama UNBK. “Selain satu soal yang tidak bisa diklik tadi, Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik. Jaringan lancar dan listrik pun tidak ada kendala,” ungkapnya.

Ia pun memastikan bahwa permasalahan soal yang tidak di-klik itu tidak berpengaruh terhadap jalannya UNBK. Rosehan pun berharap hal serupa tidak lagi terjadi pada jam-jam berikutnya. (dra)