Hari Peduli Sampah Nasional Belum Melibatkan Masyarakat

MARABAHAN – Setelah bertahun-tahun menjadi tempat para pedagang makanan dan minuman menempatkan gerobak sebelum dan sesudah berjualan, kini halaman panggung Gelora yang berlokasi di Jalan 5 Desember Marabahan dibersihkan , Selasa pagi (5/2).

Tidak hanya gerobak para pedagang, sampah-sampah dan rumput-rumput liar yang ada di sekitar halaman panggung Gelora pun juga tak ketinggalan ikut disapu bersih.

Kegiatan bersih-bersih itu dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Kuala (Batola) dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2018.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batola, Fahriana, kegiatan bersih-bersih yang melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Sat Pol PP, Forum Komunitas Hijau (FKH) Ije Jela Bahalap dan petugas kebersihan itu selain dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, juga dalam rangka mempertahankan piala adipura.

“Kegiatan ini juga merupakan bagian dari adipura. Karena penilaian adipura berlangsung dari Januari hingga April 2018 ini. Semakin banyak kegiatan bersih-bersih, maka semakin banyak juga nilai plus yang kita dapat,ā€ ujarnya.

Namun sayang, berdasarkan pantauan langsung Wartawan Koran Banjar, tak ada satu orang pun masyarakat umum yang ikut terlibat dalam kegiatan bersih-bersih tersebut.

Padahal Fahriana menuturkan, keterlibatan dan peran masyarakat sangat diharapkan dalam upaya menjaga kebersihan kota.

“Sebenarnya keterlibatan langsung masyarakat itu sangat bagus dan sangat diharapkan,ā€ tuturnya. (dny)