Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Tabalong Tanam Ribuan Pohon di Kawasan Jalan Nan Sarunai

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani memimpin penanaman pohon di kawasan Jalan Nan Sarunai. (foto : arif/koranbanjar.net)

Memperingati hari lingkungan hidup sedunia 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong menanamkan ribuan pohon di sekitar kawasan Jalan Nan Sarunai, Senin (12/06/2023).

TABALONG, koranbanjar.net – Penanaman dipimpin langsung oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani didampingi Wabup, Mawardi, unsur Forkopimda, sejumlah pimpinan perusahaan, perbankan, SKPD dan perwakilan komunitas pemerhati lingkungan di Tabalong.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong, Slamet Riyadi mengatakan, sebanyak 10.810 pohon dengan berbagai jenis mulai dari pohon peneduh, buah-buahan hingga tanaman hias.

“Jumlah pohon yang kita tanam berjumlah 525 batang untuk pohon peneduh sedangkan untuk buahnya sebanyak 1.500 batang dan ada 8.785 pohon tanaman hias,” katanya kepada awak media.

Slamet mengungkapkan, untuk pohon buah-buahan yang ditanam ke depan hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat Bumi Sarabakawa Tabalong.

“Buahnya silahkan masyarakat bisa menikmati dengan bebas,” ungkapnya.

Diharapkannya, dalam kurung waktu dua tahun yang telah ditanami ribuan pohon mampu menghijaukan sepanjang Jalan Nan Sarunai dan meminta warga juga bisa merawat bahkan memelihara bersama-sama.

“Semoga dua tahun akan datang sudah hijau semua dan diharapkan semua masyarakat bisa dapat memelihara yang sudah di bangun oleh pemerintah,” harapnya.

Sementara itu, Kasi Perlindungan Hutan (Linhut) KPH Tabalong, Aris Setiawan menambahkan bibit pohon yang ditanam merupakan bibit buah produktif yang didapat dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDSA) Barito.

Dalam kegiatan penanaman ini, setidaknya pihak KPH Tabalong memberikan dukungan penuh dengan menyediakan 1.500 pohon buah-buahan.

“Kami suport bibit untuk penanaman kiri kanan jalann nan sarunai berupa bibit buah produktif dengan jenis Jambu kristal, Kelengkeng, Durian, Jeruk, Alpukat, Jambu air dan Mangga,” tambahnya.

(anb/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *