Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Harga Karet Bertahan Rp5 Ribu hingga Rp8 Ribu per Kilogram, Begini Curhatan Petani

  • Bagikan
Perkebunan karet di wilayah Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar. (foto: dairobi)
Perkebunan karet di wilayah Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar. (foto: dairobi)

Komoditas karet saat ini menempati harga yang dapat disebut standar. Terkini, harga karet berkisar antara Rp5.000 sampai Rp8.000 per kilogram, tergantung dari kualitas (mutu) karet tersebut. Harga itu bertahan hingga tiga bulan terakhir.

MATARAMAN, koranbanjar.net- Para petani karet di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar dapat dikatakan masih bisa bernafas lega. Karena harga karet terbilang masih stabil.

Menurut Petani Karet asal Desa Bawahan Pasar RT 4/RW 2, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, Zamaluddin saat ditemui koranbanjar.net, Kamis (23/9/2021), dalam 1 tahun terakhir ini, harga karet pernah menyentuh harga tertinggi Rp10.000 per kilogram. Akan tetapi juga pernah anjlok hingga menempati harga Rp2.500 per kilogram.

“Pendapatan Rp110.000 per hari, dengan hasil karet sebanyak antara 12 sampai 15 kilogram. Jadi, kalau dihitung rata-rata pendapatan per hari antara Rp80 sampai Rp130 ribu. Dengan pendapatan segitu, alhamdulillah cukup untuk menghidupi dua anak dan satu istri,” ungkap Zamaluddin.(mj-43/sir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *