Banjar  

Harga Bapokting di Pasar Martapura Kondisi Aman

Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsyi bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) lakukan pemantauan harga bahan pokok penting (Bapokting), di Pasar Tradisional Martapura Jumat (5/4/2024) pagi. (sumber Foto: Kominfo Kabupaten Banjar/koranbajar.net)

Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsyi bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) lakukan pemantauan harga bahan pokok penting (Bapokting), di Pasar Tradisional Martapura Jumat (5/4/2024) pagi.

BANJAR, koranbanjar.net – Hasil dari pantauan pada sejumlah pedagang, Said Idrus menjelaskan, sebagian besar harga bahan pokok ada yang tetap dan ada yang turun, namun ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti daging ayam potong, bawang merah, ikan asin dan daging sapi.

Kenaikan harga bervariasi dari 2 – 5 ribu rupiah, yang mengalami kenaikan signifikan hanya bawang merah sebesar 13 ribu, dari 25 ribu perkilogram menjadi 38 ribu rupiah.

“Tetapi ada juga bahan pokok yang mengalami penurunan yaitu cabai merah besar dan keriting turun 5 ribu rupiah sedangkan harga beras tetap,” kata Said Idrus.

Dirinya juga memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang Idulfitri 1445 H ini masih aman hingga 3 bulan ke depan. Ia berharap harga bahan pokok tersebut stabil dan masih terjangkau untuk konsumen.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati mengungkapkan adanya harga komoditi yang naik karena permintaan selama bulan Ramadan ini dan menjelang hari Idulfitri mengalami kenaikan.

“Seiring dengan kenaikan konsumsi masyarakat selama bulan Ramadan dan menjelang hari Idulfitri sehingga permintaan lebih banyak dari hari biasanya karena pada bulan Ramadan masyarakat menyiapkan makanan pada saat berbuka puasa dan sahur,” ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Dandim 1006 Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring, perwakilan Polres Banjar, Sekda HM Hilman, Direktur PD Pasar Bauntung Batuah Rusdiansyah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah serta sejumlah kepala SKPD. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *