MTQ Nasional Kalsel

Gubernur Naik Kelotok untuk Kunjungi Sawah Petani di Sungai Batang

MARTAPURA – Gubernur Kalimantan Selatan, H Syahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri acara syukuran panen padi di Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar. Rabu (03/01) pagi.

Kegiatan yang dipusatkan di lingkungan RT 3 tersebut turut dihadiri sejumlah pejabat penting, seperti dari Pemprov Kalsel, Kabupaten Banjar, Kodim 1006 Martapura serta Polres Banjar.

“Kita hari ini menggelar syukuran panen padi di Desa Sungai Batang, semoga petani di sini bisa terus semangat dalam bertani, dan hasilnya lebih baik lagi,” ujar Syahbirin Noor dalam sambutan formalnya.

Sementara lokasi lumbung padi yang berada di tengah persawahan membuat para pejabat dan Paman Birin harus menggunakan kelotok untuk ke lokasi itu, sementara akses jalan kaki yang menuju tempat acara itu tergenang banjir.

Menurut warga setempat yang, Jali kepada koranbanjar.net, kondisi jalan menuju persawahan itu telah lama rusak, bahkan setiap musim penghujan jalan tersebut menjadi langganan banjir.

“Sudah tiga tahun jalannya rusak kaya gini, bila musim penghujan pasti banjir. Sedangkan jalan ini selalu dilewati warga yang ingin ke sawah, kalau ada yang punya kelotok, pakai kelotok, kalau gak punya terpaksa jalan sini,” ujar Jali

Sementara itu, Ketua DPRD Banjar HM Rusli yang hadir di acara itu menganjurkan pihak desa bisa memanfaatkan dana desa untuk perbaikan jalan, karena jalan itu sangat penting untuk warga setempat yang ingin ke sawah.

“Pembakal bisa pakai dana desa untuk perbaikan jalan, biar bagaimanapun jalan itu sangat penting untuk warga di sana yang mayoritas petani. Atau pihak aparat desa bisa memasukan proposal ke dinas terkait untuk meminta bantuan. Jadi apapun jika itu adalah untuk masyarakat, kita pasti akan dukung,” ujar HM Rusli

Sementara Kepala Desa Sungai Batang M Asfi menolak untuk diwawancarai, dia berdalih buru-buru untuk menyusul Gubernur.(sai)