Kalsel  

Gubernur Kalsel Kontribusi Pemikiran Untuk Wartawan Kalsel

Guberur Kalsel H Sahbirin Noor bersama tokoh pers Kalsel, Selasa (13/9/2022) di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin. (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor sumbang pikiran kepada wartawan di Kalsel, agar memberikan kritik atau kontrol yang sehat dan akurat, sehingga muncul keberimbangan dan transparansi dalam kehidupan di Kalimantan Selatan.

BANJARMASIN, koranbanjar.net Kontribusi pemikiran ini disampaikan Sahbirin Noor saat Pelantikan dan Pengukuhan Ketua serta Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalsel, Selasa (13/9/2022) di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Gubernur Kalsel mengingatkan, negara demokrasi seperti bangsa Indonesia telah menempatkan keberadaan pers dalam posisi yang penting dan strategis.

“Pers layak dikatakan sebagai pilar ke empat demokrasi, karena  bisa menampung dan sekaligus menyalurkan aspirasi masyarakat,” kata Paman Birin, sapaan familiar Sahbirin Noor.

Dengan sorotan media cetak, media elektronik dan berita online yang tajam dan mendalam, sebut dia, maka kejujuran, kesetaraan dan keadilan bisa ditegakkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam kasus-kasus penegakkan hukum.

Ditambahkannya, kesuksesan Kalsel dalam beberapa penyelenggaraan even-even nasional di Kalsel,  tidak bisa terpisahkan dengan keterlibatan dan peran rekan-rekan wartawan.

“Dalam kesempatan ini saya juga meminta kepada rekan-rekan wartawan kembali berperan aktif dan maksimal dalam menyukseskan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 pada Bulan Oktober mendatang,” ucapnya.

Dukungan untuk citra dan reputasi ini, bukan berarti mendorong rekan-rekan media tidak kritis dan diam, ketika melihat kejanggalan di pemerintahan.

“Selama ini saya cukup nyaman dengan kehadiran rekan rekan wartawan, sekalipun terkadang terasa ‘mencubit’ melalui narasi narasi yang disajikan,” katanya.

Namun, pihaknya terbantu dengan keberadaan pers di Kalsel yang berperan sebagai mitra kerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Ketua PWI Provinsi Kalsel Periode 2022-2027, Zainal Helmie menanggapi pernyataan Gubernur Kalsel mengatakan, akan membantu pemerintah dalam mempromosikan even MTQ Nasional XXIX di Kalsel.

“Ini tugas kita, PWI Kalsel akan memviralkan MTQ Nasional. Saya dengan Biro Adpim sudah koordinasi,” katanya.

Ke depan pada periode kedua ini, ia juga akan melanjutkan program PWI selanjutnya seperti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) pada November mendatang di Malang.

“Jadi ke depan ada program Porwanas di malang dan UKW di Balangan bulan oktober serta beberapa pelatihan di tahun ini. Semoga sampai Desember nanti semua program terlaksana semua,” ucapnya.

Adapun, Ketua PWI Pusat Atal S Depari dalam sambutannya usai melantik dan mengukuhkan pengurus PWI Kalsel mengingatkan agar organisasi profesi PWI ini memberikan manfaat dan media edukasi kepada masyarakat dan mengontrol jalannya roda pemerintahan.

“Saya rasa PWI Kalsel mampu menjalankannya, dengan terus berkerja secara komitmen dan konsisten,” pungkasnya. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *