Opini  

Gizi Buah Durian

Buah durian tidak lah berbahaya dikonsumsi dan kaya akan kandungan gizi. (Sumber Foto: Infopublik)

Oleh: Rosihan Anwar, S,Gz, MPH, RD
Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

BUAH durian adalah buah yang menjadi kesukaan hampir semua masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak dan lezat. Buah durian dikatakan raja buah karena rasanya yang enak dan lezat dan juga harganya yang cukup mahal.

Rasanya Sekarang kita melihat banyak sekali pedagang menjual buah durian di pinggir jalan. Buah yang sangat lezat rasanya kalau kita makan di tempat penjualnya. Buah durian termasuk buah yang mewah dan sering dijuluki raja buah karena rasanya yang lezat dan mahal harganya.

Buah durian yang ukuran kecil saja harga perbiji 25 ribu dan yang besar bisa mencapai ratusan ribu apalagi kalau jenis durian motong dari Thailand bisa mencapat 300 ribu per bijinya.

Buah durian bisa kita temukan di seluruh Indonesia dengan berbagai varitas yang sangat menarik untuk dinikmati seperti durian kasongan, durian medan dan saya kebetulan sempat merasakan lezatnya buah durian medan ini di tempat durian ucok medan, ada juga jenis durian mentega yang kulitnya tebal kekuning-kuningan dan masih banyak lagi jenis durian yang lain.

Selama ini banyak mitos-mitos seputar buah durian yang kadang membuat kita takut untuk memakan buah ini seperti bisa menyebabkan hipertensi, menyebabkan naiknya kadar kolesterol darah kita, bisa membuat jantung berdebar dan pusing.

Ada juga yang mengatakan bahwa durian tinggi kolesterol dan sangat berbahaya dikonsumsi kita. Mitos mitos ini membuat sebagian orang takut untuk makan buah durian padahal buah durian tidak lah berbahaya dikonsumsi dan buah durian kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Dalam buah durian tidak ada kolesterol dan ini harus diingat bahwa kolesterol hanya ada pada sumber makanan yang berasal dari hewani seperti daging, ayam, jeroan, telor dan berbagai produk olahan dari susu.

Jadi anggapan bahwa durian mengandung kolesterol itu tidak lah benar. Kandungan kolesterol buah durian adalah nol atau tidak ada dan aman dikonsumsi oleh kita semua jangan percaya akan mitos ini.

Buah durian mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh seperti lemak yang ada pada buah durian mengandung 20 persen kebutuhan total lemak harian, lemak ini membantu perut kita menahan rasa kenyang cukup lama hingga mengurangi nafsu makan dan mencegah kegemukan.

Kandungan kalori buah durian dalam 100 gram mengandung 140 kalori yang cukup meningkatkan enegi kita dalam beraktifitas sehari-hari. Buah durian mengandung anti oksidan yang bersumber dari vitamin yang ada di buah durian mencegah kerusakan sel yang menyebabkan kerusakan kulit dan kanker.

Vitamin yang antioksidan adalah vitamin A, C, E yang sangat kita perlukan untuk bahaya dari radikal bebas penyebab kanker.

Antiksidan juga meningkatkan kekebalan tubuh yang sangat penting apalagi sekarang di masa pandemi Covid-19 kita harus selalu sehat dan kuat nah makan durian membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Buah durian kaya vitamin C dalam seporsi buah durian memenuhi lebih dari setengah asupan vitamin C yang kita butuhkan perhari. Vitamin C bermanfaat melawan pilek, mendorong penyembuhan luka dan memperbaiki aliran darah serta menghindari sakit jantung.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah durian juga mampu melindungi dari radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga berperan mengubah atau membuat kolagen kulit hingga kulit terlihat bersih dan tidak bersisik.

Pada buah durian juga kaya mineral kalium. Kalium merupakan elektrolit yang esensial yang penting untuk meregulasi tekanan darah agar normal artinya makan durian mencegah hipertensi dan selama ini orang sering mengatakan makan durian bisa menyebabkan hipertensi dan ini terbantahkan karena buah durian kaya kalium.

Bebarapa penelitian mengungkapkan bahwa buah durian mengandung estrogen yang tinggi. Kandungan estrogen yang tinggi di antaranya bermanfaat bagi kesuburan wanita dan estrogen itu juga mencegah penuaan dini serta mencegah kanker pada wanita. Estrogen juga membantu wanita dalam mengurangi rasa sakit saat dating bulan atau haid

Buah durian juga mengandung serat yang tinggi yang membantu mencegah diare dan sembelit dan diverkulitis atau infeksi pada kantongan saluran pencernaan.

Serat yang tinggi juga membantu membuang kolesterol jahat dalam tubuh kita dengan cara mencegah penempelan lemak jahat berupa kolesterol di pembuluh darah kita yang kita kenal dengan arteroklerosis.

Arteroklerosis ini sangat berbahaya karena bila tekanan darah tinggi akan mengakibatkan pecah pembuluh darah yang kita kenal dengan serangan jantung dan stroke.

Penderita penyakit jantung dan stroke jumlahnya makin naik saja ini berkaitan dengan pola makan yang yang salah dan kurangnya aktiftas fisik berakibat terjadinya obesitas. Makan serat yang tinggi sangat dianjurkan dan salah satunya ada pada buah durian ini.

Pada buah durian ada senyawa flavonoid terpenoid, steroid, fenolik dan tannin. Senyawa ini dapa melawan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat dan senyawa ini ampuh sekali melawan bakteri yang jahat dalam tubuh kita.

Bakteri jahat sangat berbahaya bagi tubuh kita karena ia bisa menyebabkan berbagai penyakit dan menyebabkan daya tahan kita menurun dan ini tentu tidak kita harapkan apalagi sekarang masih pademi corona kita harus meningkatkan kekebalan tubuh kita agar terhindar.

Buah durian juga mencegah anemia bagi kita yang suka makan buah durian, buah durian mengandung sejumlah mineral yang berbeda, termasuk asam folat tingkat tinggi, yang merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah.

Kekurangan folat dapat menurunkan jumlah sel darah merah yang dihasilkan dan buah durian adalah sumber folat yang baik bersama dengan tembaga dan besi. Oleh karena itu, penderita anemia dapat menjadikan manfaat buah durian untuk kesehatan ini sebagai salah satu cara mengatasi kondisinya.

Anemia sangat berbahaya karena menyebabkan jantung berdebar, lemah, letih, mengantuk serta pada ibu hamil berisiko melahirkan anak cacat dan meninggal dunia.

Buah durian juga kaya kalsium, kalium dan vitamin B yang berguna untuk pembentukan tulang dan gigi. Kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang.

Orang-orang yang tidak mengonsumsi kalsium yang cukup sebelum usia 20-25 memiliki risiko yang jauh lebih tinggi terkena penyakit tulang rapuh atau osteoporosis di kemudian hari. Faktor lainnya adalah karena kurangnya aktifitas fisik.

Nah sebenarnya siapa yang tidak boleh mengkonsumsi buah ini. Kandungan Kalori yang ada pada buah durian cukup tinggi oleh karena itu penderita diabetes mellitus tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena berisiko menaikan kadar gula darah.

Penderita diabetes dianjurkan makan buah tahunan seperti pisang, pepaya dan buah tahunan yang lainnya. Sedangkan buah durian termasuk buah musiman tidak dianjurkan begitu juga buah musiman yang yang lain seperti rambutan, manga dan yang lain karena tinggi kalorinya.

Kandungan gizi pada buah durian adalah dalam 100 gram buah ini mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, 1,5 gram protein, 5 gram lemak, vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral lainnya. Begitu banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah durian.

Anjuran makan buah bagi kita adalah 4 porsi sehari bisa dibagi menjadi makan pagi, makan siang, makan sore dan makan menjelang tidur. Konsumsi buah dan sayur di Indonesia menurut Riskesdas terbaru adalah 90 persen kurang nah makan durian juga bagian dari makan buah ya.

Jangan takut makan buah karena buah kaya zay gizi dan serat semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan menjaga kekebalan dimasa pandemi covid-19 dan selalu laksanakan 3 M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan memakai masker.

Begitu banyak manfaat dari buah durian bagi kita dan sangat berguna untuk tubuh kita kandungan gizinya, maka marilah kita mengkonsumsi buah durian ini namun jangan mengkonsumsi dengan berlebihan karena sesuatu yang berlebih itu tidak baik.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *