oleh

Gali Potensi Wisata di Paau, Warga dan Orpala X-PAS Lakukan Ekspedisi

MARTAPURA, koranbanjar.net – Desa Paau yang terletak di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan mempunyai banyak potensi wisata alam, baik yang sudah dikenal seperti Gunung Haur Bunak, maupun yang belum terjamah.

Pemerintah desa khususnya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Penyaluhan Indah dan Karang Taruna Haur Bunak, berinisiatif lebih menggali lagi wisata yang masih tersimpan, dan memperkenalkannya.

Inisiatif baik tersebut mendapat dukungan dari Organisasi Pecinta Alam (Orpala) X-PAS Borneo Kalimantan Selatan. Bentuk action -nya, mereka akan melakukan Ekspedisi Potensi Wisata Gunung Haur Bunak dan Lembah Lembah Penyaluhan, di Desa Paau.

Ketua Umum (Ketum) Orpala X-PAS Borneo M Rajuddin mengungkapkan, pada Ekspedisi Potensi Wisata itu dilakukan 20 orang yang terdiri dari 5 tokoh masyarakat, 5 dari karang taruna, 5 dari Pokdarwis dan 10 Anggota Orpala X-Pas Borneo.

“Tujuannya untuk membuat pemetaan titik wisata dan pembuatan jalur yang nantinya dituangkan ke peta topografi di Desa Paau. Ekspedisi ini dilakukan mulai tanggal 28 Juni sampai 1 Juli 2019,” ungkap Rajuddin sembari mempersiapkan keberangkatan kepada koranbanajr.net, Jumat (28/6/2019).

Ia menjelaskan, nantinya objek wisata itu bakal dibuka kepada khalayak umum. Tetapi Rajuddin menegaskan, sesuai kesepakatan dari pihak desa agar tetap mengedepan kealamian alam di sana.

“Jadi setiap orang yang ingin refreshing atau ingin menjelajah ke sana wajib menjaga alamnya,” tandas Ketum X-Pas Borneo dua periode ini.

Dia berharap, usai ekpesdisi, akan menjadi objek wisata alam yang keasriannya selalu terjaga. Ia tak menghendaki adanya oknum pendaki “jahil” yang dapat merusak alam.

“Apalagi saat ini banyak oknum yang mendadak jadi pendaki, sehingga tidak menyadari pentingnya menjaga alam yang mereka kunjungi. Dalam hal ini setiap pengunjung wisata apabila ditemukan tidak senonoh memperlakukan alam di sana, mungkin akan dihukum secara adat sesuai aturan di desa tersebut,” pungkasnya. (irf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: