oleh

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2019, Targetkan 150 Turis Datang

MARTAPURA, koranbanjar.net – Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019 tinggal menghitung hari. Hajatan tahunan terakbar Pasar Terapung di Kabupaten Banjar ini disebut-sebut bakal lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019 dipastikan digelar Minggu 17 November ini. Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar, Badi`ah menjelaskan, ada peningkatan jumlah jukung dari tahun sebelumnya.

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2019, Targetkan 150 Turis Datang
Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar, Badi`ah. (foto: hendra/koranbanjar.net)

Jika 2018 lalu ada 500 jukung, kini ujar Badi`ah, bertambah menjadi 550 jukung yang bakal meramaikan. “Selain peningkatan jukung tadi, juga ada peningkatan penilaiannya dari dewan juri. Jadi tahun ini dipastikan jukung hiasnya lebih meriah,” tuturnya kepada koranbanjar.net.

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2019, Targetkan 150 Turis Datang

Setidaknya ada 5 rangkaian acara yang digelar, yakni tanglong jukung, jukung hias tradisional, penampilan formasi jukung, lomba fotografi, serta penampilan seni tradisi khas Banjar.

Diungkapkan Badi`ah, Festival Pasar Terapung 2019 ini masih mengedepankan natural tradisional. “Jadi semuanya tadisi, dan itu yang kami jaga atau lestarikan,” tuturnya menjelaskan tema tahun ini adalah ‘Menggenggam Semangat Tradisi’.

Selain meningkatkan kuantitas dan kualitas peserta Festival Pasar Terapung, Disbudpar Banjar telah menarget peningkatan pengunjung. “Jika tahun lalu mencapai 5 ribu pengunjung dari berbagai daerah se-Indonesia dan dari negara tetangga, setidaknya ditargetkan tahun ini ada 5.500 pengunjung lah,” imbuhnya.

Badi`ah menyebut, event Festival Pasar Terapung ini kelasnya sudah rumpun Asean. “Kemarin itu turis yang datang ada dari Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, pokoknya rumpun Asean lah,” tandasnya.

Badi`ah menambahkan, pihaknya juga menargetkan peningkatan kunjungan turis pada Pasar Terapung Lok Baintan. “Kemarin sekitar seratus turis yang datang, tahun ini paling tidak 150 turis ditargetkan datang,” tutupnya. (dra)

Komentar

Jangan Lewatkan