oleh

ESDM Kalsel Buatkan Sumur Bor untuk Warga

Dinas Energi Sumber Daya dan Minerba (ESDM) Kalimantan Selatan mendapat anggaran untuk membuatkan sumur bor dan sudah ada 16 unit yang dibuatkan.

BANJARBARU, koranbanjar.net – Pembuatan sumur bor oleh ESDM Kalsel ini semuanya ada 20 titik dan yang sudah selesai 16 titik.

Untuk tahun 2020 ini adalah yang terakhir ESDM Kalsel menangani pembuatan sumur bor yang akan dihibahkan untuk masyarakat itu. Selanjut akan tangani oleh Dinas PUPR Provinsi.

Kepala Dinas ESDM Kalsel, Isharwanto melalui Kabid Air Tanah ESDM Kalsel, Ali Mustofa mengatakan, anggaran pemerintah lebih mengarah ke penanganan Covid-19.

“Adapun sisa 4 titik yang belum dibuatkan sumur bor itu ada di kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Utara. 2 titik sisanya bebas saja,” ujar Kepala Bidang Air Tanah Dinas ESDM Kalsel, Selasa (15/9/2020) siang.

Ali menjelaskan, pihaknya akan tetap memback up PUPR Kalsel untuk pembuatan sumur di tahun mendatang. “Karena memang kita yang mengerti,” timpalnya.

Dibeberkannya, banyak kabupaten yang mengajukan namun tidak memenuhi administrasi. Sehingga titik yang sudah ditentukan itu adalah hasil dari survie pihak ESDM sendiri. “Misalnya titik yang diajukan tidak bisa tempuh dengan mobil pengangkut alat. Aksesnya susah itu menjadi penilain juga,” ucap dia.

Katanya, ada juga 3 titik dibuatkan sumur bor yang memang dari ESDM sendiri, yakni di kabupaten Tapin (rangda malingkung), Hulu Sungai Selatan (kapuh) dan Hulu Sungai Tengah (mangunang haruyan). (san/maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: