Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

DPRD Banjarbaru Bagikan 45 Motor Roda Tiga ke Masyarakat

  • Bagikan
Anggota DPRD Banjarbaru, Nurkhalis Anshari saat menyerahkan motor roda tiga. (Foto: Nurkhalis untuk koranbanjar)

DPRD Banjarbaru bersama DLH banjarbaru turut membagikan sebanyak 45 unit motor roda tiga untuk menunjang gerakan kebersihan lingkungan, menuju Kota Idaman yang bersih dari sampah sesuai Amanat Perpres 97 Tahun 2017.

BANJARBARU,koranbanjar.net – Motor roda tiga ini dibagikan kepada masyarakat melalui perwakilan RT, RW dan LPM yang ada di Kota Banjarbaru.

Anggota Komisi III DPRD Banjarbaru Dapil 1 Banjarbaru Selatan dan Utara, Nurkhalis Anshari mengatakan, pentingnya pengelolaan sampah sehingga bernilai manfaat bagi masyarakat.

“Kita tahu fenomena sampah semakin hari semakin menggunung. Pemerintah daerah mencari mekanisme agar sampah tidak semakin menumpuk, salah satunya dengan mengajak masyarakat mengelola dan mengurangi sampah di lingkungan sekitar dengan bantuan motor roda tiga,” tutur Legislator muda PKS ini.

Nantinya, sampah yang masih memiliki nilai ekonomis atau bermanfaat dikelola oleh masyarakat. Targetnya, 30 persen sampah berkurang dan sampah yang menggunung 70 persen harus bisa ditangani dengan bantuan motor tersebut.

“Pengelolaan sampah harus ditangani dengan serius. Kapasitas TPA yang ada di Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka sudah mulai harus diperhatikan. Kami ingin masyarakat mendorong pengelolaan utamanya dari hulu, agar nantinya sampah yang dikirim ke TPA merupakan residu atau sisa yang tidak bisa lagi didaur ulang,” paparnya.

Nurkhalis menjelaskan, salah satu barometer daerah itu maju dan modern tidak hanya dilihat dari pertumbuhan ekonomi, kualitas SDM yang tinggi dan tingkat kesejahteraan yang mapan.

“Lebih dari sekedar itu. Sebuah daerah modern dilihat dari bersih, nyaman dan ramah lingkungannya daerah tersebut. Masyarakatnya tidak skeptis terhadap sampah, tapi peduli akan kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Kota yang peduli terhadap kebersihan dan ramahnya lingkungan akan menjadi kota maju. Taraf hidup masyarakatnya akan meningkat lebih sejahtera.

Sebagai wujud komitmen cinta terhadap lingkungan, ia mengajak masyarakat memperhatikan lingkungan sekitar. Salah satunya, mendukung program pemerintah dengan program bank sampah.

“Saya berharap pemberian motor roda tiga ini bisa membantu masyarakat menuntaskan masalah sampah dilingkungan masing-masing. Program ini harus kita dukung bersama-sama,” tutupnya. (maf/ykw)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *