Dispersip Tanbu Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan

Sekretaris Dispersip Tanah Bumbu Muhammad Yusri. (Sumber Foto: Kominfo Tanah Bumbu)
Sekretaris Dispersip Tanah Bumbu Muhammad Yusri. (Sumber Foto: Kominfo Tanah Bumbu)

Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) komitmen tingkatkan kualitas layanan perpustakaan dan kearsipan di daerah, yang dikatakan Kepala Dispersip Tanbu H Ambo Sakka melalui Sekretarisnya Muhammad Yusri, Rabu (19/05/2021).

TANAHBUMBU,koranbanjar.net – Diungkapkannya, komitmen itu dicanangkan pihaknya sejalan dengan momentum peringati Hari Perpustakaan Nasional RI ke 41 yang jatuh pada tanggal 17 Mei dan peringatan hari Kearsipan ke 50, 18 Mei.

Salah satu implementasi dari komitmen itu sebut Yusri, yakni dibukanya layanan booking peminjaman buku secara online bagi masyarakat Bumi Bersujud.

Meminjam buku di kantor Dispersip, melalui aplikasi ITanbu yang sudah bisa diunduh di playstore.

“Pelayanan booking peminjaman buku secara online itu sendiri kami gagas dan laksanakan guna menghindari kemungkinan persebaran virus Corona jika proses peminjaman buku dilakukan secara tatap muka,” sebut Yusri.

Sehingga dengan program layanan ini sambungnya, Dispersip masih bisa memberikan layanan maksimal peminjaman buku meskipun ditengah masa pandemi Covid-19.

Meskipun sudah memberikan alternatif proses peminjaman buku secara online beber Yusri lagi, pihaknya juga masih membuka pelayanan langsung.

Masyarakat tetap bisa datang langsung ke kantor Dispersip, hanya saja pihaknya akan membatasi jumlah pengunjung yang datang sebanyak 25 orang per hari dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Terobosan lain yang juga sudah direalisasikan pada tahun ini adalah booking buku murah online.

“Setelah dipesan secara online selanjutnya buku bisa diambil di kantor kami,” ungkapnya sembari menambahkan, pola-pola layanan itu merupakan wujud dari pelayanan perpustakaan online.

Di bagian lain Yusri juga mengungkapkan, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja jajarannya, Dispersip Tanbu juga telah melaksanakan program strategis berupa pembenahan arsip daerah.

Pembenahan terdapat di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkab Tanbu.

Langkah strategis yang sudah ditempuh pihaknya terang Yusri, dengan terus melakukan audit terhadap seluruh arsip SKPD.

Dengan melakukan rekon per triwulan terhadap kegiatan pengelolaan arsip yang telah mereka laksanakan dalam satu tahun anggaran.

Hasilnya, dari upaya keras secara kolektif yang sudah dilakukan jajaran Dispersip, Tanbu telah meraih prestasi, diantaranya, nilai arsip tingkat Nasional Tanbu berada di urutan ke 50.

Untuk tingkat Provinsi Kalsel, Tanbu memperoleh peringkat ke 2 dengan predikat Memeuaskan. (kominfotanbu/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *