oleh

Dispersip Kalteng Kunjungi Perpustakaan Provinsi Kalsel Yang Dinilai Terbaik Di Indonesia

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kalsel dikunjungi Dispersip Kalimantan Tengah, Banjarmasin, Kamis (8/8/2019). Kunjungan ini sebagai bentuk orientasi pustakawan dan pejabat yang diikuti sebanyak 16 orang.

Ketua Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia sekaligus Pustakawan Provinsi Kalteng Damber Liwan mengatakan, kunjungan ini untuk mengetahui mengenai sejauh mana pengelolaan dan pelayanan Perpustakaan di Kalsel.

“Saat rapat nasional, kami dengar Kalsel selalu disebut-sebut sebagai salah satu perpustakaan terbaik di Indonesia, maka dari itu kami penasaran ingin melihat langsung bagaimana pengelolaan dan pelayanannya,”ujarnya.

Menurut Damber Liwan, banyak hal yang didapatkan dalam kunjungan itu. Seperti bagaimana pengembangan perpustakaan, kebijakan yang diambil, dan bagaimana koordinasi dengan pemerintahan daerahnya.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Dispersip Kalsel ini, di mana lembaga ini ialah bagian terpenting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Provinsi Kalsel Nurliani Dardie menerangkan pada saat rapat, konsep pengembangan perpustakaan sehingga mendapat penilaian yang baik ini setelah ia mempelajari sejumlah perpustakaan di beberapa negara seperti Korea, dan negara lainnya.

“Jadi, saat saya bepergian ke luar negeri, seperti Korea, banyak ilmu yang didapat. Mulai dari konsep dan kenyamanan. Nah, dari sanalah saya berkeinginan seperti apa perpustakaan di Kalsel ini,”terangnya.

Dirinya mengakui, meskipun masih ada kekurangan, ia akan terus berbenah untuk meningkatkan kuantitas maupun kualitas layanan secara bertahap.
“Tentu masih ada kekurangan yang harus kami perbaiki, agar perpustakaan maupun kearsipan kami lebih baik lagi dari tahun ke tahun,”bebernya.

Ia juga menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada rekan Dispersip Kalteng yang sudah mengunjungi dan mengapresiasi perspustakaan Kalsel.(ags)

Komentar

Berita Terkini