oleh

Dinkes Tabalong Budidayakan Kesehatan Lingkungan

KELUA, koranbanjar.net – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tabalong akan bekerja sama dengan PPL Pertanian, untuk menanam 500 bibit tanaman hias di sepanjang Desa Ampukung Kecamatan Kelua beserta di pekarangan rumah masing-masing

Dimulai dengan dilaksanakannya gotong-royong dari semua bagian masyarakat untuk menanam tanaman Toga di sepanjang jalan dan sekitar rumah penduduk.

“Jadi rencana kita akan dibuat tanaman Toga di Desa Ampukung agar memperindah dan menyejukkan lingkungan di sini selain itu juga agar anak-anak bisa bermain di situ. Nanti taman Toga ini juga akan di tanamkan di pekarangan rumah masing-masing,” ujar dr Ony Erawati.

Dokter Ony sempat menyinggung mengenai masalah sampah, karena di Desa Ampukung belum ada tempat pengangkutan sampah sehingga masyarakat diminta agar memberdayakan sampah dari rumah tangga sendiri supaya tidak lagi membuang sampah di sungai.

Sampah-sampah seperti kardus, plastik dan lain sebagainya itu diharuskan untuk dikumpulkan kemudian dijual agar dari sampah tersebut bisa di daur ulang, sampah itu tidak boleh dibakar

Untuk sampah seperti ilalang, rumput liar itu bisa dibuat menjadi kompos agar dijadikan makanan tanaman Toga.

“Tanaman organik seperti ilalang dan lain sebagainya itu bisa kita jadikan makanan taman Toga kita, jadi lebih sehat daripada kita menggunakan pupuk pestisida,” sambungnya. (mj-26/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan