oleh

Dinkes Kotabaru Sidak 28 Puskemas, ini Hasilnya

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Pelayanan kesehatan terhadap pasien di sejumlah puskesmas di Kotabaru mendapat inspeksi mendadak (sidak) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotabaru. Sidak dilakukan saat hari pertama kerja, Senin (11/6/2019), usai libur panjang lebaran.

Kepala Dinkes Kotabaru, Akhmad Rivai. (foto: siti hadisah/koranbanjar.net)

Kepala Dinkes Kotabaru, Akhmad Rivai, Rabu (12/6/2019), mengatakan dalam sidak yang dilakukan pihaknya, ada 889 pasien dari 28 puskesmas terpantau aman dan tak mengalami kendala.

“Puskesmas yang terbanyak dikunjungi pasien adalah Puskesmas Dirgahayu, Kecamatan Pulau Laut Utara, yakni ada sekitar 153 pasien, dengan jenis penyakit yang dikeluhkan seperti ISPA (infeksi saluran pernafasan), gastritis, hipertensi, diabetes mellitus, dan atritis,” kata Rivai kepada koranbanjar.net.

Sementara di Puskesmas Perawatan Serongga, Kecamatan Kelumpang Hilir, lanjut dikatakan Rivai, ada kunjungan sekitar 97 pasien, dengan didominasi penderita dyspepsia, common cold, hipertrnsi, tifus, dan dyslipidemia.

Sedangkan di Puskesmas Perawatan Berangas, Kecamatan Pulau Laut Timur, ada kunjungan 67 pasien dengan jenis penyakit gastritis, guodenitis serta hipertensi dan alergi kulit.

Rivai menyimpulkan, dari 889 pasien yang ditemui dalam sidak, rata-rata menderita penyakit ISPA, dan gastritis. “Penderita penyakit ISPA ada 81 orang, gastritis 58 orang, hipertensi 49 orang, dan penyakit lainnya sebanyak 701 orang,” imbuhnya.

Dengan hasil sidak tersebut, diharapkan para tenaga kesehatan di puskesmas dapat lebih meningkatkan kegiatan di luar ruangan dalam rangka upaya promotif dan preventif dalam mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di masing-masing wilayah kerja. (cah/dny)

Komentar

Berita Terkini