Dinas Kehutanan Kalsel Selenggarakan Pelatihan DALKARHUTLA

oleh -62 views
DILATIH - Para peserta dibekali pelatihan pengendalian karhutla.

BANJARBARU,KORANBANJARNET – Program Dinas Kehutanan Prov. Kalsel diantaranya adalah mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan yang terjadi, melalui Pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Kehutanan dan Tahura Sultan Adam Mandiangin Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Kegiatan pelatihan Dalkarhutla ini lebih difokuskan pada penguasaan alat dan tekhnik penanggulangan terjadinya kebakaran hutan. Pelatihan ini juga melibatkan tenaga pengendalian kebakaran hutan KPH Kayu Tangi.

Dalam arahannya, Kabid PKSDAE mengatakan bahwa penting untuk dilakukan pelatihan guna meningkatkan kesiapan petugas saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan. “Sehingga saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan semua dapat terkoordinasi dengan baik pemadaman kebakaran hutan dan lahan dapat terlaksana secara cepat dan optimal”, katanya.

Selain dibekali dengan pelatihan Pengendalian Dalkarhutla, para peserta yang terdiri dari Polhut Dinas Kehutanan, KPH Kayu Tangi dan TKPH Putra juga diperkenalkan alat-alat pemadam dan cara penggunaannya.

Dengan adanya pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan, mampu menjelaskan kepada masyarakat tentang karhutla, serta diharapkan mampu melakukan pencegahan, memadamkan, penanganan pasca karhutla.(dishutprovkalsel)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan