Baznas

Dinas Kehutanan Kalsel Bakal Rehab DAS di Tanah Laut

  • Bagikan

TANAH LAUT, KORANBANJAR.NET – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan berencana melakukan rehab Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah Kabupaten Tanah Laut.

Hal tersebut dilaksanakan sesuai dengan arahan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor melalui instruksi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP.

Untuk merealisasikan rencana itu Dinas Kehutanan melalui KPH Tanah Laut mengadakan pertemuan dengan PT. Wahana Baratama Minning dan beberapa Kelompok Tani Hutan (KTH) / HKm yang berada di kawasan rencana areal rehab DAS.

Pertemuan ini menghasilkan beberapa poin penting di antaranya, KTH, Kades dan Lurah mendukung kegiatan rehab DAS, KTH, Kades dan Lurah meminta bibit yang berkualitas tinggi, adanya kejelasan batas antar HKm dan antar desa, penyesuaian rantek dengan rencana HKm, KTH, Kades, Lurah dan PT. WBM siap mendukung Dalkarhutla.

Poin berikutnya, pertemuan akan kembali dilaksakan dengan telaahan secara terperinci dengan output MoU, BAP dan peta rencana rehab DAS.

“Dengan tercapainya keseragaman persepsi semua pihak, diharapkan rencana kegiatan rehab DAS dapat berjalan lancar dan mampu mengurangi lahan kritis di Kalimantan Selatan,” ungkap Hanif.(humas dishut kalsel/sir)

  • Bagikan