oleh

Dijanjikan Pembangunan Jalan, Desa di Loksado Berencana Bikin Wisata Sungai

LOKSADO, koranbanjar.net – Menyusul dimasukkannya pembangunan jalan ruas Bubuih dalam APBD 2019 Pemkab HSS, Desa Halunuk Kecamatan Loksado berencana membangun wisata sungai di kampung Kandihin dan Bubuih.

Seperti diberitakan koranbanjar.net sebelumnya, eksotisme pemandangan sungai sepanjang jalan dari Bubuih sampai Kandihin, dua kampung tersebut sering dikunjungi wisatawan.

Di sana wisatawan datang tak jarang berkamping baik di pinggir sungai, air terjun dan di puncak gunung.

Baca Juga : Air Terjun Gugur Kehidupan Dipercaya Masyarakat Miliki Keajaiban

Baca Juga : Menelusuri Eksotisnya Sungai Amandit di Kampung Kandihin

Sekertaris Desa Halunuk, Muhammad Yunus mengatakan pihaknya masih mengkaji bagaimana konsepnya untuk memanfaatkan potensi wisata di kampungnya tersebut.

Salah satu yang menarik di Kandihin adalah mata pencaharian masyarakat setempat yang mengolah hasil hutan, yaitu bambu yang dijual menuju Kandangan hingga Banjarmasin setiap Rabu.

Bambu dibuat menjadi rakit di pertigaan Sungai Kandihin dan Sungai Amandit setiap Selasa. Kemudian dihanyutkan menuju tempat yang warga namai Batu Kaban.

Jaraknya sendiri menuju Batu Kaban sekitar 2 kilometer. Untuk menyusurinya hingga sampai ke Batu Kaban memerlukan waktu sekitar setengah jam.Bambu dihanyutkan ke Batu Kaban dimaksudkan agar start bersama-sama ditempat tersebut.

“Jika start di Kandihin berbarengan dikhawatirkan bertabrakan dan terbalik semua saat melewati Umbak Kandihin yang terkenal sering membalikkan rakit bambu,” ujarnya.

Sehingga permasalahan ini bisa dimanfaatkan jika ada wisatawan ingin berwisata ‘Balanting Paring’ atau Bambo rafting yang jaraknya tidak jauh tetapi memacu adrenalin tinggi.

Ia bersyukur, rencana pembangunan jalan menuju Bubuih dan Kandihin tersebut, karena sudah dibawa di musrenbang kemarin dan sudah masuk di APBD 2019. “Sebagai kado ulang tahun Kecamatan Loksado kemarin bapak Bupati mengatakan menghadiahkan jalan di sini,” ujarnya. (yat/dra)

Komentar

Berita Terkini