Dewan Komisi IV Inginkan Perusahaan Jalin MOU Dengan Sekolah Kejuruan

oleh -94 views
Dewan Komisi IV Inginkan Perusahaan Jalin MOU Dengan Sekolah Kejuruan
Ket : Iskandar Zulkarnain Komisi IV DPRD Kalsel.Foto(Leon/koranbanjar.net)

BANJARMASIN-koranbanjar.net – Dewan legislatif Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini Komisi IV Berkomitmen akan melanjutkan program studi banding sekolah kejuruan.

Hal itu bertujuan untuk mencetak siswa lulusan sekolah kejuruan dapat siap kerja sesuai jurusannya untuk ditempatkan pada perusahaan yang sudah menjalin kerja sama(MoU).

Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Iskandar Zulkarnain kepada koranbanjar.net menjelaskan mengapa sekolah kejuruan(SMK) di Kalimantan Selatan harus melihat SMK di Jawa.

“Agar dapat menjadi contoh bagaimana lulusan SMK di Jawa itu dapat bekerja langsung pada perusahaan yang sudah menjalin MoU dengan pihak sekolah,” terangnya saat berada di ruang fraksi PPP DPRD Kalsel Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin beberapa hari yang telah lewat.

Ia mencontohkan seperti SMK 6 Semarang, pada saat Kunjungan Kerja(Kunker) komisi IV kemarin, anggota Komisi IV dari Fraksi PPP ini mengatakan, pihak sekolah SMK tersebut sudah menjalin kontrak dengan 175 perusahaan.

“Apabila sudah lulus nanti, anak didik jebolan SMK 6 Semarang sudah disiapkan untuk dapat bekerja di 175 perusahaan itu,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya berharap SMK yang ada di Banua ini dapat mengambil contoh dan diterapkan di provinsi ini.

Sebelumnya Komisi IV telah melakukan kunjungan ke SMK 6 Semarang, Jawa Tengah dalam kunjungan tersebut Komisi IV mengajak perwakilan SMK 5 Provinsi Kalsel.

Masih menurut Iskandar, SMK 6 memiliki 4 jurusan yakni Tata Boga, Tata Busana, Pariwisata dan Perhotelan.Dimana setiap jurusan ada ruang praktek yang didesain sedemikian rupa sesuai jurusan tersebut.

“Salah satu contoh perhotelan, disana ada ruang khusus untuk praktek yang didesain seperti hotel sungguhan, jadi mereka ketika lulus betul-betul sudah menguasai dan siap bekerja,” cerita Iskandar waktu itu.

Program yang dilaksanakan oleh Komisi IV tidak lain tidak bukan dalam rangka mewujudkan program pemerintah Kalsel Cerdas.

“Apabila dalam pelantikan tanggal 9 nanti kami masih terpilih menduduki Komisi IV, maka kami lanjutkan program ini,” pungkasnya.(yon)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan