Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Derasnya Aliran Sungai, Siring di Desa Dalam Pagar Martapura Timur Amblas

  • Bagikan

Derasnya hujan ditambah derasnya aliran Sungai Martapura, membuat siring yang berada di Jalan Sultan Inayatullah Desa Dalam Pagar Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar amblas kurang lebih 30 meter dengan kedalaman 1 meter lebih.

BANJAR,koranbanjar.net – Jalan yang menghubungkan 3 desa di wilayah Kecamatan Martapura Timur itu, amblas karena derasnya air Sungai Martapura saat hujan deras turun.

Kurang lebih 30 meter panjangnya, jalan milik Pemerintah Kabupaten Banjar itu amblas. Saat dikonfirmasi, Camat Martapura Timur Guslan mengatakan, pihaknya mendapat laporan pada saat malam kejadian itu.

“Sekitar jam 10 malam itu, terima informasi bibir sungai amblas. Atas kejadian itu, Pembakal setempat langsung menyurati Dinas PUPR melalui anggota Dewan,” ujarnya saat ditemui, Kamis (4/11/2021).

Dikatakannya, pihak dinas terkait yang menangani kabarnya sudah melakukan kontrol ke lokasi kejadian. “Sudah ada arah ingin diperbaiki,” katanya.

Sementara itu, Kaur Umum dan Perencanaan Desa Dalam Pagar, Gazali menambahkan, di wilayahnya memang sudah beberapa kali terjadi amblas.

“Tahun lalu pernah juga, berdekatan dengan titik yang baru ini. Panjang amblasnya sama, kurang lebih 30 meter dan itu sudah dalam perbaikan,” ujarnya.

Camat Martapura Timur Guslan. (Foto: ari/koranbanjar.net)

Menurutnya, memang seharusnya wilayah Desanya harus dilakukan peremajaan bibir sungai. Karena dilihat dari kondisi jalan sudah mengalami retak-retak.

“Memang sudah kita usulkan melalui BPD Desa Dalam Pagar, sepanjang 300 meter ini agar diperbaiki. Tapi jawabannya menunggu, karena katanya harus melakukan koordinasi dengan pihak Pemprov Kalsel,” sebutnya.

Diungkapkannya, saat ini sudah memasuki musim penghujan. Dikhawatirkannya, jika hujan kembali turun ditambah dengan derasnya aliran Sungai, bisa kembali terjadi amblas.

“Harapannya agar segera diperbaiki, agar tidak merambat lagi atau tambah panjang lagi,” harapnya. (maf/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *