Baznas

Delapan Bulan, Pembangunan Tahap Pertama Revitalisasi Sekumpul

  • Bagikan
Pondasi pintu gebang di depan PPS Martapura. (Foto: dya/koranbanjar.net)

Pengerjaan proyek revitalisasi Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar untuk tahap pertama diperkirakan memakan waktu delapan bulan atau 240 hari seperti tertulis pada plang proyek.

BANJAR,koranbanjar.net – Para pekerja dan alat berat juga telah diturunkan untuk bekerja, di kawasan Sekumpul yang menjadi lokasi pengerjaan proyek dimulai dari depan Jalan Sekumpul sampai jembatan irigasi Jalan Sekumpul.

Pembuatan pondasi pintu gerbang Sekumpul nampak di depan Pusat Perbelanjaan Sekumpul (PPS) Martapura, dekat trafic light.

BACA:  Pambakal Terpilih se Kabupaten Banjar Dilantik, Ini Pesan Bupati

Bupati Banjar H Saidi Mansyur melalui sosialisasi waktu lalu menyebutkan, pembangunan pintu gerbang terletak di kawasan Sekumpul 1 dan 2.

Kawasan Sekumpul 1 sebanyak 4 gerbang, A depan Masjid Pancasila, B di Jalan Sekumpul, C di depan Pos Lantas, D di depan PPS Sekumpul.

Pengerjaan gerbang pertama yang dikerjakan lebih awal adalah depan PPS Martapura berupa pondasi.

Revitalisasi Sekumpul tahap pertama ini, juga berlanjut nantinya pembangunan gardu multi fungsi untuk tempat tandon air, wc umum dan pos keamanan.

BACA:  THM Menjamur di Banjarbaru, Ada yang Beroperasi Lewat Batas

Jalur saluran irigasi di samping jembatan irigasi Sekumpul. Penataan pembangunan pusat perbelanjaan untuk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) bagi masyarakat sekitar.

Pembangunan drainase di jalan inspeksi gagasi dari jembatan irigasi Sekumpul menuju Jalan Pendidikan.

Alat berat berupa eksavator nampak bekerja di samping irigasi yang menghubungkan Jalan Sekumpul dengan Jalan Pendidikan atau di belakang Panti Werdha Budi Sejahtera, eks lahan perkuburan yang telah dipindahkan ke Desa Tungkaran.

Eksavator mengerjakan bagian revitalisasi antara Jalan Sekumpul dan Jalan Pendidikan. (Foto: dya/koranbanjar.net)

Pembangunan infrastruktur tahap pertama ini dikerjakan oleh PT Cahaya Sriwijaya Abadi sebagai kontraktor pelaksana, PT Tema Karya Mandiri Jo menjadi konsultan pengawas dan CV Tika Kreatif Desain Konsultan.

BACA:  PPKM Level-3, Dirut PD Pasar Bauntung Batuah Tegas Ikuti Aturan

Pembangunan infrastruktur pemukiman Sekumpul Kabupaten Banjar oleh Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalimantan Selatan menggunakan dana APBN, menelan biaya Rp30.591.049.490 (termasuk PPN).

“Ada dua plang yang kami letakkan, depan Jalan Sekumpul dan dekat irigasi Sekumpul,” kata Maulana, pengawas pelaksana. (dya)

(Visited 1 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 1 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *