Baznas

Data BPS Menjadi Tolak Ukur Keberhasilan Daerah, ini Harapan Said..

- Tak Berkategori
  • Bagikan

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Said Abdullah membuka acara Sosialisasi Penyusunan Disagregasi Matriks PMTB 2018 hari ini Kamis (05/03). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik Banjarbaru juga dihadiri oleh Kepala BPS Banjarbaru Ari Dwi Prasetyo, acara ini berlangsung di ruang rapat Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru.

Said memberikan beberapa arahan terkait tanggung jawab yang harus dijalankan oleh BPS mengenai kevalidan data. Selain itu, Said memberikan imbauan kepada SKPD dan para pelaku usaha yang berada di Banjarbaru untuk bekerjasama dan ikut berkontribusi dengan memberikan data yang sebenar-benarnya saat dilakukan pendataan oleh pihak BPS.

“Data yang telah diserahkan kepada pihak BPS diharapkan adalah data yang benar, karena apabila data tersebut sudah dipublikasikan pada masyarakat, maka data tersebut tidak bisa ditarik kembali,” ucapnya.

Said menambahkan bahwa, data yang telah diolah oleh BPS merupakan data yang dapat digunakan oleh pemerintah kota, mahasiswa perguruan tinggi, dan bagi masyarakat pada umumnya. Dengan demikian, keakuratan data sangat diperlukan karena data BPS menjadi tolak ukur untuk menentukan kevalidan data dari SKPD lain.

“Agar bekerja profesional dan menguasai dalam hal mengambil sampel dan benar-benar sampel yang didata mewakili untuk data BPS. Oleh karena itu, bagi mitra diharapkan memberikan data yang benar dan jangan ditutup-tutupi,” ujarnya.

Beliau menambahkan, BPS juga diharapkan menghindari adanya data yang tidak valid. Keakurasian data dapat menunjukan keberhasilan Banjarbaru apakah lebih baik atau lebih buruk. Diharapkan jangan sampai ada kesalahan data yang menimbulkan perdebatan dimasyarakat.

“Karena data dari BPS bisa menjadi bahan bagi masyarakat untuk mengetahui segala macam data misalnya data kemiskinan, data jumlah penduduk, data kesejahteraan, data kepadatan penduduk. Semua berawal dari data yang baik. Karena data yang kita berikan akan kembali ke kita juga,” terangnya.

Diakhir sambutannya sebelum membuka sosialisasi ini, Said berharap hubungan antara pemerintah dan pihak BPS agar terus terjalin dengan baik.

“Semoga hubungan baik ini selalu terjalin, dan lebih ditingkatkan lagi,” tutupnya.(mj-01/ana/kie)

  • Bagikan