Baznas

Camat Laporkan Sektor Pertanian sering Gagal Panen, Bupati Sebut Keungan Daerah Terbatas

  • Bagikan

MARTAPURA – Musyawarah perencenaan pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD)  tahun 2019 kembali digelar Pemerintah Kabupaten Banjar. Kali ini dilaksanakan di Kecamatan Martapura Timur,  Rabu (14/02) pagi.

“Kami telah melakukan musyawarah ke desa-desa yang ada di Martapura Timur. Total ada 20 desa yang telah kami datangi.  Tujuan kami untuk menghimpun skala prioritas desa,  dalam pembangunan infrastruktur  dan perekonomian,” ujar Camat Martapura Timur Syaifullah Effendy.

Syaifullah kepada koranbanjar.net menyampaikan, sebelumnya pihak kecamatan telah melakukan kunjungan ke desa-desa kemudian melaksanakan pra musrenbang atau musrenbangdes.

Menurut dia, dari sini timbul skala prioritas, pihaknya mengharapkan motivasi dari Pemkab Banjar untuk sekala prioritas yakni pembangunan infrastruktur, ekononomi sosial budaya dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Kendala yang kami alami di sini,  pertama dari sektor pertanian yang sering gagal panen.  Jadi infrastruktur dan pemberdayaan sangat bisa membantu,” ungkapnya

Sementara Bupati Banjar H Khalillurahman, usai menghadiri Musrenbang Kecamatan Martapura Timur mengatakan, musrenbang ini sekaligus menyerap usulan-usalan dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar.

Menurutnya, ada 9 aspek prioritas pembangunan di Kabupaten Banjar, di antaranya peningkatan akses layanan dan kualitas pendidikan, peningkatan layanan kesehatan, peningkatan ekonomi daerah, penataan infrastruktur daerah dan lainnya.

“Dan musrenbang menjadi media untuk perencanaan dalam pembangunan di desa-desa dan bisa diselaraskan dengan pembangunan kabupaten. Semua aspek itu akan diatur dalam skala prioritas pemerintah Kabupaten Banjar, yang benar-benar penting itu yang akan diutamakan, mengingat kemampuan keuangan daerah terbatas,” ujar Khalilurahman.(sai)

 

  • Bagikan