Bupati Tabalong Pimpin Apel Sumpah Pemuda ke-94

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani memimpin apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Halaman Pendopo Bersinar. (foto : arif/koranbanjar.net)

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani memimpin apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Halaman Pendopo Bersinar, Pembataan, Jumat (28/10/2022).

TABALONG, koranbanjar.net Apel diikuti jajaran TNI-Polri, ASN, Mahasiswa, Pelajar serta organisasi kepemudaan, KNPI Tabalong dan Pemuda Panca Marga (PPM).

Bupati mengatakan, bahwa ke depan pemuda di Tabalong agar meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mengingat tantangan yang dihadapi akan lebih berat.

“Bisa melalui pendidikan formal seperti perguruan tinggi dan pendidikan non formal melalui kegiatan-kegiatan pelatihan kerja,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tabalong juga membacakan amanat dari Menpora RI.

Dirinya menyampaikan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini bertajuk “Bersatu Bangun Bangsa” yang selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman  terhadap kesatuan yang selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Tema itu dapat memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Inilah yang menjadi tekad untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa dan semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia.

“Yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” katanya

Dikatakan Anang, pemuda sekarang adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa mendatang maupun sekarang yang menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia dengan mandat menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya.

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjangan masa.

Untuk itu diharapkan upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan.

“Agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi,” tuturnya.

(anb/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *