Baznas

Bupati Serahkan Bantuan Alat Pertanian senilai Rp500 Juta

  • Bagikan

MARTAPURA – Dalam upaya mengembangkan sektor perkebunan, Pemerintah Kabupaten Banjar memberikan bantuan alat pertanian berupa traktor roda empat kepada kelompok tani di Desa Rantau Balai, Kecamatan Aranio. Bantuan tersebut diharapkan dapat menunjang para petani dalam bercocok tanam. Bupati Banjar H Khalilurrahman Senin (12/01) pagi, menyerahkan tiga unit traktor roda empat kepada tiga kelompok tani di Desa Rantau Balai Kecamatan Aranio.

Traktor yang berfungsi untuk membajak sekaligus menanam dan memupuk secara mekanik itu akan digunakan untuk program perluasan areal baru penanaman jagung seluas 1.000 hektare.

“ini bagian dari upaya pemerintah untuk membantu para petani agar bisa meningkatkan usaha tani mereka, dengan adanya traktor ini mereka bisa membuka lahan baru sebanyak 1.000 hektar yang telah diprogramkan” ujar Khalilurahman.

Bupati dalam kesempatan itu mengingatkan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura untuk benar-benar memperhatikan perawatan alat tersebut. Dia tidak ingin alat bernilai Rp500 juta tersebut menjadi sia-sia.

“Tolong diperhatikan siapa yang bertanggung jawab nanti kelompok taninya bagaimana bahan bakarnya, olinya dan perawatannya. Perhatikan untuk operasionalnya, jangan sampai jadi besi tua,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Maju Bersama, Basuni mengaku sangat terbantu dengan adanya traktor itu untuk menggarap lahan mereka dan sekaligus menanam bibit jagung. Namun pihaknya belum menentukan bagaimana nanti pengoperasian alat tersebut.

“Kita sangat terbantu dengan adanya bantuan ini, kita bisa lebih mudah membuka lahan dan menanam bibit, untuk pengoperasian dan perawatannya kita belum tahu, namun kita akan rapatkan terlebih dulu. Tapi pastinya akan kita jaga dan rawat traktor ini,” ungkapnya (sai)

  • Bagikan