oleh

Bupati Banjar: Saatnya Buah Lokal Mendunia

KARANG INTAN, koranbanjar.net – Bupati Banjar H Khalilurrahman mengimbau agar bersama-sama memperkenalkan buah-buahan lokal Kalimantan Selatan (Kalsel) khususnya buah durian kepada dunia.

Hal itu diutarakan pada Festival Durian 2020 yang diadakan di Danau Tamiyang, Mandikapau Barat, Karang Intan, Kabupaten Banjar, Rabu (8/1/2020).

Apalagi, rangkaian Festival Durian 2020, berbagai macam varian durian unjuk gigi dalam Kontes Durian.

Di samping Kontes Durian, juga ada Gelar Buah Eksotik Banjar dan Gelar Produk Olahan Berbahan Durian.

Menurut Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, Kabupaten Banjar merupakan penghasil buah durian terbesar di Kalimantan Selatan.

“Hal ini merupakan sebuah kebanggaan, terlebih lagi beberapa varietas durian lokal daerah kita sudah dilepas dan diakui sebagai varietas unggul nasional,” ucapnya kepada koranbanjar.net.

Bupati Banjar yang kerap disapa Guru Khalil ini juga menambahkan, festival durian diharapkan dapat memotivasi para petani buah dan produksi olahan buah agar terus mengembangkan dan melestarikan buah-buahan unggulan lokal.

“Sehingga nantinya dapat mengembangkan usaha ekonomi atau pendapatan dan kesejahteraan warga masyarakat Kabupaten Banjar,” tuturnya.

Buah durian lokal sendiri, ucap Bupati Banjar, mempunyai keunikan yang khas dan bahkan tidak ditemukan di daerah lain di Indonesia.

“Mari kita menduniakan buah durian lokal khas dari daerah kita, manfaatkan sosial media yang tak mengenal batas dan ruang untuk memperkenalkan kepada dunia,” pesan dia. (har/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: