oleh

Bupati Banjar Dan Walikota Banjarbaru Sepakat Perubahan Batas Wilayah

MARTAPURA, koranbanjar.net – Adanya perubahan perbatasan antara Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru, selanjutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar dengan Pemerintah Kota Banjarbaru melakukan kesepakatan bersama penandatanganan batas daerah, di Mahligai Sultan Adam Martapura, Senin (23/9/2019).

Kesepakatan tersebut yang difasilitasi oleh Pemprov Kalimantan Selatan oleh Biro Pengembangan Setda Kalsel, terkait batas wilayah Kabupaten Banjar dengan Kota Banjarbaru.

Bupati Khalilurrahman mengatakan, seperti dikutip dari MC-Banjar, batas wilayah antara Kabupaten Banjar dengan Kota Banjarbaru dengan tarikan batas sekitar 62,9 kilometer.

Kemudian jumlah titik sepanjang garis batas ada 162 titik, dimulai dari pertigaan Desa Tambak Padi, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar dengan Kelurahan Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru.

“Kabupaten Banjar sendiri berbatasan dengan enam Kabupaten dan dua kota, yakni Tanah Bumbu, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Tapin, Batola dan Tanah Laut serta Banjarmasin dan Banjarbaru,”ujar Khalilurrahman

Kepala Bagian Pengembangan Kapasitas Pemda Biro Pemerintahan Setda Kalsel, Maman Suherman menjelaskan, kesepakatan batas daerah tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1991, dan sudah ditanda tangani dalam bentuk peta.

“Dengan melakukan survey lapangan dengan menyusuri hampir setiap jengkal, batas sekarang sudah berubah. Dahulu masih rawa-rawa sekarang sudah banyak perumahan yang membuat batas wilayah berkelok-kelok,” jelas Maman Suherman.

“Dari 162 titik batas yang disepakati oleh tim, dengan keberadaan Aero City makan 38 hektare wilayah Kabupaten Banjar berada di Banjarbaru,” sambung Maman.

Kesepakatan antara Walikota Banjarbaru dan Bupati Banjar ini nantinya akan dibahas pada drap di Jakarta, menentukan batas daerah Kabupaten Banjar dengan Kota Banjarbaru.

“Kabupaten Banjar ini salah satu mempunyai batas wilayah segmen batas yang paling banyak, meliputi enam Kabupaten dan Kota. Maka dari itu Pemprov Kalsel akan memberikan fasilitas pengembangan batas-batas wilayah di Kabupaten Banjar,” tutup Maman. (dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: