Baznas

Bupati akan Panen Raya di Atas Lahan Eks Tambang Batubara

- Tak Berkategori
  • Bagikan

RANTAU, KORANBANJAR.NET – Pj.Bupati Tapin Gt.Syahyar rencananya Selasa (17/4) akan melaksanakan panen jagung di atas lahan demplot Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Tapin.

Pjs Bupati akan melihat secara langsung tentang hasil penerapan teknologi pertanian di atas lahan eks pertambangan.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Tapin, Wagimin.SP,MM mengatakan kepada koranbanjar.net, Dinas Pertanian memberikan percontohan demplot seluas 2 hektar di desa Tarungin Kecamatan Hatungun untuk tanaman jagung. Terus setengah hektar untuk tanaman kedelai, dan setengah hektar lagi untuk tanaman padi gogo.

“Ternyata setelah kita kelola lahan tambang tersebut mampu untuk berproduksi untuk pertanian tanaman pangan khususnya,“ katanya.

Bupati Tapin akan melaksanakan panen di atas eks pertambangan. Di mana saat ini Dinas Pertanian sedang mempersiapkan untuk acara tersebut.

“Dengan demplot yang kita lakukan ini, kita tunjukan dan perlihatkan ada penerapan teknologi pertanian yang mampu bisa mengelola lahan eks tambang yang selama ini dikucilkan lahan itu. Sehingga tidak ada yang memanfaatkan untuk ditanami masyarakat,” ungkapnya.

Ternyata, lanjutnya, lahan tersebut mampu menjadi lahan pertanian, khususnya dengan harapan ke depan bisa dimanfaatkan menjadi lahan pinjam pakai oleh masyarakat dengan perusahaan eks tambang untuk meningkatkan produksi pertanian daerah sekaligus memperluas lahan pertanian.(nas/sir)

 

  • Bagikan