Baznas

BPS akan Lakukan Pendataan Potensi Desa di Kabupaten Banjar

  • Bagikan

MATARAMAN, KORANBANJAR.NET – BPS Kabupaten Banjar akan melakukan pendataan potensi desa di seluruh wilayah kecamatan. Pendataan tersebut akan dilaksanakan pada Mei 2018 mendatang.

Disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar Nurul Sabah, MP, pada rapat koordinasi camat seluruh Kabupaten  Banjar, Selasa (17/4) di aula kantor kecamatam Mataraman.

“Pada Mei tahun ini, BPS akan melakukan pendataan potensi desa di seluruh desa Kabupaten Banjar. Program ini memang sudah rutin BPS lakukan,” ujarnya.

Ada beberapa pihak yang menjadi narasumber dalam pendataan potensi desa oleh pihak BPS Kabupaten Banjar ini. Pihak – pihak tersebut di antaranya aparatur desa, penyelenggara puskesmas dan lainnya.

Sementara teknis dari pendataan ini berupa perwakilan BPS akan datang ke desa – desa dan menanyakan beberapa data yang diperlukan. Setelah itu perwakilan tersebut akan menghimpun data dan diberikan ke BPS Kabupaten Banjar.

“Akan ada beberapa narasumber yang akan kami datangi, termasuk aparatur desa, puskesmas, dan lainnya. Teknisnya, perwakilan dari kami akan datang langsung ke desa – desa.” tambah Nurul Sabah.

Selain itu, Nurul juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan pendataan potensi desa ini diharapkan mampu mengklasifikasikan seluruh desa ke dalam golongan desa tertinggal, berkembang dan mandiri. Penggolongan tersebut tentu dengan indikator – indilator tertentu.

“Hasil pendataan akan dapat menggolongkan desa pada indikator tertentu sehingga diketahui bahwa desa tersebut tergolong desa tertinggal, berkembang atau mandiri.” katanya.

Program pendataan potensi desa ini tentu memerlukan biaya, sehingga masyarakat pasti berharap agar pelaksanaannya dapat dilakukan secara maksimal dan hasilnya dapat mendorong kemajuan seluruh desa di wilayah Kabupaten Banjar. (sai/sir/kie)

  • Bagikan