Kalsel  

BPBD Kalsel Mengadakan Peningkatan Kualitas Relawan Dengan Pelatihan Dasar Kebencanaan

Pelatihan Dasar Kebencanaan sebagai rangkaian memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana diadakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (26/4/2024) di aula kantor setempat. (Sumber Foto: Media Center Kominfo Kalsel/koranbanjar.net)

Pelatihan Dasar Kebencanaan sebagai rangkaian memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana diadakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (26/4/2024) di aula kantor setempat.

BANJARBARU, koranbanjar.net – momentum Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun ini, kataKepala BPBD Kalsel R Suria Fadliansyah, merupakan kesempatan untuk memperkuat kembali seluruh relawan-relawan atau tenaga kebencanaan di jajarannya.

“Ada materi yang baru untuk kami sampaikan terkait kesiapsiagaan dan penangulangan kebencanaan, juga memperkuat kapasitas, kemampuan dan kualitas mereka,” papar Suria.

Pelatihan dasar kebencanaan, sambung Suria, menyatukan rasa kebersaman dan kesatuan para relawan bahwa mereka juga petugas yang siap setiap saat sebagai relawan bencana.

“Dengan kesiapsiagaan maka dapat mengurangi dampak bencana yang akan terjadi, walau kita berharap bencana tidak akan terjadi,” sebutnya.

Kepala BPBD Kalsel yang juga narasumber materi pelatihan dasar kebencanaan ini mengatakan, pelatihan memberikan penguatan emosional para relawan, membangkitkan tetap semangat melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan tanpa pamrih.

“Pelatihan juga mengajak peserta merenungi peran mereka sebagai relawan dalam bertugas,” imbuhnya.

Selain Suria sebagai narasumber, materi lainnya disampaikan  pejabat internal BPBD Kalsel, antara lain pelatihan-pelatihan di luar lapangan dengan simulasi-simulasi kebencanaan, mitigasi dan penanggulangann. (kominfokalsel/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *