oleh

BNPT Ingatkan Waspada Aksi Terorisme Di Kalsel

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Meski di Kalimantan Selatan hingga kini belum pernah ada aksi terorisme, namun Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Irjen Pol Budiono Sandi, menyatakan masyarakat Kalsel harus tetap waspada.

“Sebab, kegiatan terorisme tanpa dipengaruhi unsur luar maupun dalam negeri,” ujarnya saat Pelatihan Penanggulangan Teroris Akibat Serangan Kimia Biologi Radioaktif dan Nuklir (KBRN) di Novotel Banjarmasin, Selasa (20/8/2019) pagi.

Budiono membeberkan, sejak 2016 sampai 2019 aksi terorisme banyak menggunakan bahan kimia dan penggabungan bahan peledak agar ledakan lebih besar dan berdampak panjang setelah kejadian.

Oleh karena itu, demi meningkatkan pemahaman dan kemampuan penanggulangan terorisme, maka diperlukan adanya pelatihan penganggulangan terorisme tanpa menggugurkan instansi manapun.

“Saya yakin, masing-masing satuan memiliki keahlian dan kemampuan dalam penanggulangan terorisme yang menggunakan KBRN,” katanya.

Ia mengharapkan seluruh peserta yang mengikuti pelatihan penanggulangan terorisme dapat berdiskusi serius dan aktif.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut diikuti anggota TNI, Polri, BPBD, BMKG, Damkar, RSUD Ulin Banjarmasin dan Pemprov Kalsel. (ykw/dny)

Komentar

Berita Terkini