oleh

Berbagai Buah Lokal Langka Disuguhkan di Harjad Loksado

LOKSADO, koranbanjar.net – Berbagai macam buah lokal yang sudah langka, disuguhkan dalam acara puncak perayaan hari jadi (harjad) ke-39 Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Rabu (22/1/2020) pagi di halaman kantor Kecamatan Loksado.

Buah-buahan langka tersebut diantaranya, buah binturung, kulidang, minjalin, maritam, buluan, luying, kambayau, maritam, sandawak, serta buah plajau.

“Buah plajau ini dikonteskan dan menang, saat acara festival durian di Kiram, Kabupaten Banjar beberapa waktu lalu,” ungkap Plt Camat Loksado Rudy Agus Firmansyah kepada koranbanjar.net.

Berbagai Buah Lokal Langka Disuguhkan di Harjad Loksado
Berbagai Jenis buah lokal Loksado yang sudah mulai langka. (Foto: hidayat/koranbanjar.net)

Buah dengan isi putih seperti kacang tersebut terangnya, merupakan buah langka yang tumbuh di Desa Ulang, Kecamatan Loksado.

“Sebenarnya mungkin di desa lain juga ada tumbuh, tetapi yang banyak saat ini di Desa Ulang,” terangnya.

Selain itu, bermacam-macam jenis durian lokal Loksado tambah Rudy, juga disajikan sebanyak sekitar 400 biji.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, Loksado merupakan giliran kecamatan terakhir, yang memperingati hari jadi tahun ini.

Suasana perayaan itu ujar Achmad Fikry, terasa berbeda yakni dengan pemandangan alam yang luar biasa indah.

“Inilah kelebihan yang membedakan dengan kecamatan lain, betapa indahnya alam kita ini,” tuturnya.

Achmad Fikry bersyukur, Kecamatan Loksado terus berbenah. Tak lupa ia mengucapkan terimakasih kepada tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama yang turut mendukung dan membantu, dalam pembangunan Kecamatan Loksado. (yat)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: