oleh

Banjarbaru Literasi ‘Smart City’

BANJARBARU,koranbanjar.net – Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani beserta Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan membuka secara langsung kegiatan “Literasi Smart City Banjarbaru” yang bertempat di Auditorium ULM Kota Banjarbaru dan secara langsung menghadirkan narasumber sekaligus Founder Oke Oce H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.

Dengan Materi Peluang dan Tantangan Usaha Ekonomi Kreatif Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Badan Siber dan Sandi Negara Brigjen. TNI Bondan Widiawan, S.Kom, M.Si. Dengan Materi Keamanan Data dan Informasi Pribadi, dan Dekan Fakultas Teknik ULM Dr. Bani Noor Muchamad, S.T., M.T. Dengan Materi Peran Academy Dalam Unsur ABCGM (Academy, Business, Community, Government, and Media). Kegiatan ini pula dihadiri oleh seluruh FORKOPIMDA Kota Banjarbaru, serta seluruh mahasiswa/mahasiswi dari perguruan tinggi se Kota Banjarbaru, dan seluruh para tamu undangan yang berhadir dalam kegiatan ini.

Kegiatan “Literasi Smart City Banjarbaru” ini adalah salah satu wujud Pemerintah Kota Banjarbaru secara sistematis berusaha mengembangkan 6 dimensi kota cerdas secara bersamaan, yakni tata kelola Pemerintahan yang cerdas, Pencitraan kota yang cerdas, Kehidupan masyarakat yang cerdas, Pengembangan ekonomi yang cerdas, Masyarakat yang cerdas, dan Tata kelola lingkungan hidup yang cerdas, terkait kegiatan literasi ini masyarakat yang cerdas adalah hal penting untuk dilibatkan, dan sebelum dilibatkan penting untuk dilaksanakan literasi, agar masyarakat mampu berpartisipasi aktif dalam implementasi kota cerdas di masa mendatang.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada narasumber kita H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. dan direktur pengendalian informasi, investigasi, dan forensik digital badan siber dan sandi Negara Brigjen. TNI Bondan Widiawan, S.Kom, M.Si.di Kota Banjarbaru.

“Semoga dengan kehadirannya pada acara ini mampu menambah wawasan kami serta memberi inspirasi dan motivasi baru bagi kami disini dalam upaya menyempurnakan terwujudnya proyek masa depan Smart City di Kota Banjarbaru ini, dan diharapkan dengan kegiatan ini Pemerintah Kota Banjarbaru dan seluruh perangkatnya agar mampu memberikan pelayanan berkelanjutan, efektif, efisien, serta dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan kehidupan masyarakat dan mengutamakan kearifan lokal dalam upaya memajukan dan memodernisasikan masyarakat dan daerah,” bebernya.

H Nadjmi Adhani juga menyampaikan SMART city memang harus didukung, karena itu masa depan. termasuk di dalamnya ada e-government. “Kalau bagus, maka pemerintahan juga akan semakin baik, dan semoga melalui kegiatan literasi ini dan peresmian aplikasi idaman, Banjarbaru dalam genggaman, pada hari ini, tidak hanya menjadikan banjarbaru yang semakin baik, namun daerah lainnya dapat merasakan manfaatnya,” ucapnya.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani beserta Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan, didampingi H. Sandiaga Salahuddin Uno, Brigjen. TNI Bondan Widiawan, serta ketua panitia kegiatan ini plt. DISKOMINFO Kota Banjarbaru secara resmi meluncurkan aplikasi “IDAMAN BANJARBARU DALAM GENGGAMAN” didepan seluruh tamu undangan yang berhadir dalam kegiatan ini dengan menggunakan Face Detector.

Juga bisa secara langsung di unduh di Playstore/AppStore yang terdapat dalam gadget atau Smartphone seluruh masyarakat Kota Banjarbaru. Aplikasi ini adalah satu bentuk perwujudan Pemerintah Kota Banjarbaru yang berfungsi mempermudah pelayanan untuk seluruh masyarakat Kota Banjarbaru dari urusan tingakat RT/RW hingga tingkat birokrasi Pemerintahan. Applikasi ini sudah terintegrasi dengan beberapa Dinas Bidang Pelayanan, seperti DISDUKCAPIL, Polres, Angkasa Pura untuk info penerbangan, PUPR, DPMPTSP, Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, LAPOR, PPID, CCTV kota Banjarbaru dan aplikasi siapKK, dan diharapkan aplikasi ini dapat dipergunakan dengan baik dan tepat dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mempermudah pelayanan untuk seluruh masyarakat Kota Banjarbaru, Untuk bisa terintegrasi, pembutan aplikasi ini dibutuhkan waktu selama satu tahun, sejak almarhum Johan Arifin masih menjabat sebagai kepala Diskominfo kota Banjarbaru.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan Pemutaran Video Tribute To Johan Arifin, AP, MM (Kepala Dinas Kominfo Kota Banjarbaru Periode 2018-2019) yang disaksikan oleh seluruh tamu undangan yang berhadir, setelah kegiatan di Auditorium ULM Kota Banjarbaru H. Sandiaga Salahuddin Uno, Brigjen. TNI Bondan Widiawan beserta seluruh rombongan langsung melanjutkan peresmian Gerai Kampung purun yang menjadi salah satu kerajinan khas Kota Banjabaru yang bertempat di Kampung purun Kota Banjarbaru, serta mencicipi makanan khas Kota Banjarbaru di Warung Bawah Asam, serta di akhiri kegiatan terakhir di Lapanagan Murdjani Kota Banjarbaru dengan kegiatan Lounching dan penandatanganan program Oke Oce di Kota Banjarbaru. (maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: