oleh

Beras “Keramat” Paramasan Siap Dipasarkan

BANJAR, KORANBANJAR.NET – Kelompok Tani Hutan (KTH) Gunung Mandaling dan Patas Jaya Paramasan Bawah, Kabupaten Banjar kini sudah dapat merasakan hasil nyata dari program Perhutanan Sosial. KTH tersebut bersama Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kayu Tangi melakukan Memorandum of Understanding (MoU) Naskah Kesepakatan Kerjasama (NKK), dan KPH Kayu Tangi melakukan pembelian beras merah ‘KERAMAT’ hasil produksi kedua KTH tersebut sebagai bentuk keseriusan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel untuk menyejahterakan masyarakat sekitar hutan melalui program Perhutanan Sosial yang dilaksanakan melalui Kelompok Tani Hutan.

Kadishut Prov Kalsel, DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP mengatakan bahwa Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melalui seluruh KPHnya siap medukung dan turut memfasilitasi produksi dan pemasaran Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) dari KTH yang berada di seluruh KPH lingkup Dishut Kalsel.

“Hal tersebut seiring dengan salah satu indikator suksesnya pembangunan kehutanan di Kalsel yaitu meningkatnya kesejahteraan masyarakat sekitar hutan melalui pemberian akses kelola hutan kepada masyarakat sebesar 10% dengan perhutanan sosial,” ujarnya.

Beras tersebut dan HHBK hasil produksi KTH nantinya akan dipasarkan di kantor Pengolahan Pemasaran Dishut Kalsel di Banjarmasin.(hmsdishutkalsel/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: