Baznas

Bekunjung ke Banjarbaru, Jokowi Ternyata tidak Tahu Cempaka dan Ikan Haruan.

- Tak Berkategori
  • Bagikan

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET– Seperti biasa, setiap kunjungan Presiden RI Joko Widodo selalu membagi-bagikan hadiah berupa sepeda. Hadiah tersebut diberikan kepada yang bisa menjawab pertanyaan Presiden. Pada sesi bagi-bagi hadiah sepeda ini, tak jarang  mengundang gelak tawa yang hadir disebabkan momen-momen yang  unik dan lucu.

Pada Kunjungan Presiden Jokowi ke Lapangan Murjani Banjarbaru dalam agenda menyerahkan secara simbolis, KIP (Kartu Indonesia Pintar), Program Keluarga Harapan (PKH) dan bansos pangan rastra (beras sejahtera), Jokowi pun membagi-bagikan sepeda kepada peserta yang berhadir, Senin (26/3) tadi pagi.

Sudarsih, salah satu peserta yang hadir merasa bahagia dapat naik ke panggung berdampingan dengan orang No 1 di Indonesia itu dan berkesempatan mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden.

Sebelum memberikan pertanyaan tentang Pancasila, Presiden Jokowi terlebih dahulu menanyakan nama serta alamat tinggal peserta pertama yang dipanggil itu.

“Assalamualaikum, Nama Sudarsih dari Banjarbaru,” ucap Sudarsih gugup kepada Presiden.

“Banjarbaru, kampungnya di mana?” sahut Presiden Jokowi.

“Benua Permai,” jawab Sudarsih lagi

“Mana tahu itu dimana. Jalannya di mana?” Tanya Presiden lagi.

“Jalan Cempaka pak,” jawabnya polos.

“Gak ngerti saya Jalan Cempaka. Arahnya saja di mana,” jawab Presiden Jokowi sambil tertawa simpul.

Tak ayal, dari pertanyaan Presiden dan Jawaban Sudarsih itu mengundang gelak tawa dan tepuk tangan yang hadir. Setelah itu Sudarsih dengan jelas melafalkan Pancasila.

Selain Sudarsih, Arifin siswa SMAN 1 Banjarbaru, juga berkesempatan mendapatkan sepeda dari Presiden. Beda dengan Ibu Sudarsih, Arifin malah disodori pertanyaan nama-nama ikan. Mendengar pertanyaan dari Presiden, Arifin langsung saja menjawab Ikan Haruan.

Mendengar jawaban Arifin, sontak saja tamu yang berhadir tertawa menggelegar.

“Waah, ikan apa itu?” Tanya Presiden.

Ikan Haruan sendiri dalam bahasa Indonesia disebut dengan ikan Gabus. Ikan ini merupakan ikan pridator yang hidup di air tawar.

Tiga peserta yang beruntung mendapatkan sepeda dari Presiden Jokowi adalah, Sudarsih, Arifin dan Hanif siswa SDN 1 Guntung Manggis.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Lapangan Murjani, Banjarbaru ini didampingi sang istri Iriana Jokowi, Mensos Idrus Marham, Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani dan lainnya. (dra/kie)

  • Bagikan