MTQ Nasional Kalsel

Beginilah Kondisi Tiang Listrik yang Hampir Roboh di Desa Munggu Raya

ASTAMBUL – Sungguh mengkawatirkan! Lima tiang listrik yang terdapat di tepi jalan Desa Munggu Raya, RT 2 RW 1 Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, sudah selama 2 tahun terakhir ini nyaris roboh. Parahnya lagi, meski kondisi ini sudah dilaporkan kepada pihak PLN, namun selama 2 tahun pula tak pernah digubris. Buktinya, sampai sekarang, tiang listrik tersebut masih tetap hampir roboh dan tentunya sangat membahayakan warga setempat.

Berdasarkan pengamatan wartawan KoranBanjar.Net di lokasi, tiang listrik yang terdapat di Desa Munggu Raya itu rata-rata hampir roboh. Sedikitnya, jumlah tiang yang hampir roboh sebanyak 5 tiang, semua berada di tepi jalan.

Akibatnya, kabel listrik yang bertegangan tinggi tersebut bergelantungan hingga nyaris menyentuh tanah. Sebagian tiang yang miring hanya ditahan oleh batangan kayu yang disebut warga setempat bilaran.

Tiang listrik ini condong ke arah kiri jalan, tepatnya ke persawahan. Lebih dikhawatirkan, kalau ada kabel yang terkoyak hingga bisa membahayakan warga sekitar.

Menurut Pembakal Mungu Raya, Jasmani, tiang listrik yang hampir roboh, karena ditabrak truk dua tahun silam. Kondisi tersebut diperparah dengan kondisi jalan disana yang sudah mengalami rusak parah. Kondisi ini sudah berlangsung lama hingga 2 tahun, bahkan sudah pernah dilaporkan warga setempat ke pihak PLN. Akan tetapi, laporan tersebut belum ditanggapi sama sekali, bahkan kondisi itu dianggap tidak berbahaya.

“Kami sudah melaporkan ke pihak PLN. Jawaban dari pihak PLN, kondisi itu tidak apa-apa,” demikian diungkapkan Jasmani.

Sementara itu, terkait dengan persoalan tiang listrik tersebut, Kepala Ranting PLN Martapura saat dikonfirmasi tidak berhasil ditemui. Menurut stafnya, Kepala Ranting PLN hanya bisa ditemui setelah ada janji pada waktu sebelumnya.(sen/dra)