oleh

Begini Kelanjutan Renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menanggapi, pertanyaan masyarakat mengenai janjinya merenovasi Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) serius merenovasi, stadion ini agar bisa megah bertaraf internasional, tak kalah dengan daerah lain.

Terbukti, sejak tahun 2019 dana dianggarkan melalui APBD Kalsel sebesar Rp12,5 miliar. Saat itu, pekerjaan difokuskan renovasi tribun VVIP.

“Ulun memahami, bagaimana sejarah stadion yang dibangun pada tahun 1974 ini. Berbagai laga hingga prestasi, diukir PS Barito Putera di stadion ini,” ujar Paman Birin, sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, stadion ini telah beberapa kali direnovasi, untuk membuat kenyamanan bertanding hingga penonton.

Tahun 2013 hingga 2014, renovasi besar-besaran dilakukan. “Menambah kapasitas tempat duduk dan tribun. Pekerjaan meliputi perbaikan rumput, hingga pemasangan lampu. Untuk bisa menggelar pertandingan malam hari,” lanjutnya.

Tahun 2020, pemprov melanjutkan renovasi dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 36,46 miliar. Alhasil, dua tribun lain dan perbaikan rumput lapangan, termasuk menuntaskan tribun VVIP yang dikerjakan tahun lalu.

Beberapa waktu lalu, Kadis PUPR Kalsel Roy Rizali Anwar menerangkan, tahap kedua tahun ini merupakan lanjutan tahap pertama.

Tahun depan, renovasi direncanakan akan dilanjutkan ke tribun Inggris yang berada di seberang tribun VVIP. Tribun bakal dibuat lebih refresentatif, untuk memberi kenyamanan penonton.

“Sebenarnya tahun 2021 mendatang, ketiga tribun dan rumput lapangan tuntas. Maka, stadion ini sudah bisa dipakai. Tapi, Pemprov Kalsel tetap berkomitmen, merenovasi tribun lain di tahun depan,” tuturnya.

Ia memohon doa, agar proses pembangunan dan penganggarannya berjalan lancar ke depan. (ykw)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: