Bayar Pajak Di Stan Bapenda Banjar Akan Dapat Hadiah

MARTAPURA, koranbanjar.net – Di event Banjar Expo 2019, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Banjar kembali membuka stan yang bertema ‘Pekan Panutan PBB 2019’ dengan simbol lebah sebagai filosofi Bapenda Banjar. Di situ dibuka counter pelayanan pembayaran PBB untuk masyarakat.

Banjar Expo 2019 rangkaian Hari Jadi (Harjad) ke-69 Kabupaten Banjar dengan tema ‘Bekerja Bersama dan Berinovasi’ digelar di Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura, dan dibuka secara resmi oleh Bupati Banjar KH Khalilurrahman, Jumat (23/8/2019) sore.

Sekitar 66 stan berdiri di Banjar Expo 2019 milik instansi lingkup Pemkab Banjar serta stakeholder, dengan memberikan pelayanan masing-masing kepada masyakarat yang berkunjung.

Bayar Pajak Di Stan Bapenda Banjar Akan Dapat Hadiah,
Stan Bapenda Kabupaten Banjar dengan maskot lebah sebagai filosofi memberikan “madu” untuk pembangunan Kabupaten Banjar. (foto: hendra/koranbanjar.net)

Bapenda Kabupaten Banjar sendiri membuka pelayanan pembayaran PBB selain sebagai bentuk sosialisasi langsung kepada masyarakat, juga sebagai bentuk fasilitasi memudahkan masyarakat melakukan pembayaran PBB secara langsung.

Kepala Bapenda Banjar H Syahrialludin menjelaskan,tagline layanan Pekan Panutan tetap mengedepankan one day service (ODS) yang diadakan selama kegiatan Banjar Expo 2019.

“Satu hari langsung jadi ini diberlakukan sepanjang memenuhi persyaratan administrasi dan teknis yang telah dipenuhi. Bila seluruh syarat sudah lengkap, seperti pendaftaran baru PBB, mutasi, pembetulan dan permohonan berkas lainnya,” jelas Syahrialludin.

Lebih jauh Syahrialludin menjelaskan, inti dari pembayaran PBB sebagai salah satu penunjang terlaksananya pembagunan di Kabupaten Banjar, karena pajak dan retribusi merupakan salah satu faktor penting dalam menggerakkan pembangunan di daerah.

“Penerapan layanan cepat itu digulirkan dalam rangka implementasi reformasi birokrasi sebagai konsep percepatan pelayanan,” tutur Syahrialludin.

Hal ini kata Kepala Bapenda mendapat apresiasi dari Bupati Banjar KH Khalilurrahman, yang mana bupati  mengharapkan pelayanan ini dapat membuktikan kerja birokrasi dapat efisien dan tidak memakan waktu karena akan lebih mempercepat dan mempermudah pelayanan pajak daerah.

“Sehingga partisipasi wajib pajak (WP) semakin meningkat, dan pada akhirnya akan terus menjadi kekuatan fiskal daerah bagi Kabupaten Banjar,” ucap Syahrial.

Sebagai bentuk apresiasi bagi masyarakat yang melakukan pembayaran PBB di stan Bapenda Banjar di Banjar Expo 2019, pihak Bapenda bakal memberikan hadiah menarik yang disponsori oleh Bank Kalsel dan Kantor Pos sebagai mitra penerima pembayaran PBB. (dra)