oleh

Basarnas Banjarmasin Beri Rescuer Pelatihan VAR

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin (BASARNAS Banjarmasin) menggelar pelatihan untuk PROFESIENSI PENINGKATAN KEMAMPUAN RESCUER VEHICLE ACCIDENT RESCUE (VAR), yang dilaksanakan dari tanggal 05 hingga 07 September 2018 di Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Jalan A. Yani Km, 28,200 Banjarbaru.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Mujiono, yang diwakili oleh Kepala Seksi Operasi, Wasino dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 26 peserta yang merupakan pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

“Yang masing-masing berasal dari Pos SAR Kotabaru, Tanjung, Palangkaraya, Sampit dan Pangkalanbun. Pelatihan lanjutan ini dirancang untuk memberikan kompetensi bagi rescuer dalam melaksanakan pencarian, pertolongan, dan evakuasi korban pada kecelakaan kendaraan yang memerlukan penanganan khusus dengan cepat dan benar,” ujarnya.

Kompetensi ini, lanjutnya, sangat penting bagi rescuer Basarnas terutama Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin sendiri, mengingat semakin seringnya terjadi kecelakaan kendaraan yang berakibat fatal.

Diakhir sambutan, Wasino berpesan agar para peserta pelatihan ini dapat menerapkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap mental yang baik dimanapun berada.

“Saya juga berharap semua materi pelatihan ini dapat terserap Kemudian ditrasformasikan ke lingkungan Saudara dan saudari sekalian, agar mendapat pemahaman lebih tentang pencarian dan pertolongan khususnya,” harapnya.

Dalam aaktu bersamaan Kepala Seksi Sumber Daya, Endrow Sasmita, menjelaskan dalam meningkatkan profesiensi kemampuan rescuernya dalam penanganan musibah kecelakaan dan kebetulan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin baru mendapatkan alat baru dari kantor pusat yaitu Hidrolik Soring,

“Pelatihan ini melibatkan 26 Pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dan 3 orang instruktur, 1 orang instruktur didatangkan langsung dari Resqtec. Disini mereka akan mendapatkan Ilmu Vehicle Accident Rescue ( VAR ). Antara Lain, Pendekatan VAR, Ekstrikasi Kendaraan, Perencanaan dan Penilaian Kecelakaan, keselamatan di lokasi, Perlindungan Bahaya Api, Stabilisasi Kendaraan, Isolasi dan Penggunaan Sumber Daya, Menentukan Akses Ekstrikasi Korban, Membuat Akses Ekstrikasi Korban, Melepaskan Korban Terperangkap, Mengeluarkan Korban Dan Pengakhiran Operasi Pertolongan,” ungkap Endrow.(hmsbasarnasbjm/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: