Baznas

Baru Selesai Diaspal, Jalan Desa Kandangan Lama Mulai Rusak

  • Bagikan

PELAIHARI – Jalan lingkungan menuju gunung birah dan gunung lebak naga Desa Kandangan Lama Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut yang baru selesai pengerjaan pengaspalannya pada akhir Oktober 2017 tadi, sekarang kondisinya sudah mulai rusak pada beberapa titik ruas jalan.

Kepala Seksi Jalan Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Laut, Dwi saat dikonfirmasi koranbanjar.net, Rabu (31/1) tadi mengaku akan segera melayangkan surat pemberitahuan kepada PT.Vanaga Utama selaku kontraktor pelaksana.

“Dalam waktu dekat akan kami layangkan surat pemberitahuan terkait kerusakan jalan di beberapa titik ruas jalan untuk minta diperbaiki, karena jalan tersebut masih tanggung jawab kontraktor pelaksana lantaran masih dalam masa pemeliharaan,” ucapnya.

Namun, Dwi membantah kalau kualitas dan mutu pekerjaan yang menjadi penyebab rusaknya di beberapa titik ruas jalan, pasalnya pekerjaan sudah dilaksanakan sesuai prosedur, baik bahan material yang digunakan maupun teknis pelaksanaan.

“Secara kualitas dan mutu pekerjaan sudah sesuai karena bahan yang digunakan maupun teknis pelaksanaan sudah sesuai dengan kontrak,” ungkapnya.

Diakuinya, penyebab terjadinya kerusakan diduga faktor cuaca saat dilakukan pengerjaan pada musim hujan serta posisi jalan yang tertutup pepohonan berdaun rimbun sehingga kurang mendapat sinar matahari untuk mempercepat pengeringan aspal.

“Penyebab rusak sebagian aspal kemungkinan akibat aspal agak lambat kering lantaran cuaca saat pengerjaan yang terus diguyur hujan serta posisi jalan tertutup pepohonan sehingga sehingga kurang ditembus sinar matahari,” duganya.

Disampaikan, pekerjaan peningkatan jalan lingkungan Desa Kandangan Lama Kecamatan Panyipatan dari perkerasan batu gunung menjadi konstruksi aspal HRS WC dengan ketebalan 3 cm sepanjang kurang lebih 2 KM dan lebar jalan 3 meter dengan nilai kontrak Rp2.706.994.000,- yang dibiayai dari APBD Kabupaten Tanah Laut tahun 2017.(pri)

  • Bagikan