Bappedalitbang Tanah Bumbu Ekspos Penelitian Indeks Kesalehan Sosial

Bappedalitbang Tanah Bumbu ekspos awal penelitian Indeks Kesalehan Sosial, Selasa (12/7/2022). (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten Tanah Bumbu/koranbanjar.net)

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan ekspos awal penelitian Indeks Kesalehan Sosial.

TANAHBUMBU, koranbanjar.net – Ekspos awal ini dilakukan di kantornya, Selasa (12/07/2022) melalui Bidang Litbang bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Kepala Bappedalitbang, Andi Anwar Sadat saat membuka ekspos menyampaikan, Indeks Kesalehan Sosial merupakan salah satu sasaran yang harus disusun.

Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) berdasarkan visi misi Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar.

Pada salah satu misinya dalam membangun Bumi Bersujud yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif dan berakhlak mulia.

Indeks Kesalehan Sosial juga merupakan indikator pencapaian program implementasi Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah.

Sementara itu Koordinator tim ahli, Prof Budi Suryadi yang juga Dekan FISIP ULM mengungkapkan, keberadaan
Indeks Kesalehan Sosial adalah untuk memperkuat NKRI.

Dalam awal ekspos, tim akan meminta masukan dan saran dari para undangan yaitu para camat dan SKPD terkait, serta melakukan sharing dan berbagi pemahaman tentang Indeks Kesalehan Sosial dalam kerangka berbangsa dan bernegara untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Selain itu, Indeks Kesalehan Sosial juga menjadi salah satu faktor agar program Serambi Madinah bisa diukur,” katanya.

Hasil penelitian ini juga menjadi rekomendasi bagi pemerintah daerah tentang langkah yang harus diambil dalam program terkait lainnya.

Sebagai informasi, Indeks Kesalehan Sosial pertama kali dirilis oleh Kementerian Agama RI. Sedangkan untuk wilayah Kalimantan, Kabupaten Tanah Bumbu menjadi yang pertama menyusunnya.

Ditargetkan, angka Indeks Kesalehan Sosial akan terus naik tiap tahunnya hingga selesainya RPJMD 2021-2026. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *