oleh

Atasi Kemacetan Jalan, Dishub Lakukan Rekayasa Lalin

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Ujicoba Traffic Light di Jalan Ahmad Yani Km 40 Martapura, tepatnya di depan Pasar Batuah yang dilaksanakan Dishub Banjar. Ujicoba ini merupakan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas.

UjiCoba Traffic Light (lampu rambu lalu lintas) yang dilaksanakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar sejak 14 Agustus 2018. Setelah dilaksanakan ujicoba ini parkir liar yang ada di bahu jalan sudah tak terlihat lagi, arus lalu lintas menjadi lebih lancar.

Ujicoba ini menuai perbedaan pendapat pengguna jalan. Sebagian masyarakat berkomentar uji coba traffic light ini memperlambat dan terlihat padat yang terlihat mengganggu jalannya lalu lintas di bagian jalan tersebut.

Salah satu pengguna jalan yang disapa Ria kepada koranbanjar.net, Kamis (20/09/2018), mengatakan, dari jalan yang tidak begitu lebar membuat panjangnya deretan mobil, ditambah lamanya waktu lampu merah yang membuat padatnya di bahu jalan tersebut.

Sedangkan di lain pihak, warga Kampung Melayu, Muhammad  Farhan mengatakan, dengan adanya traffic light pejalan kaki terbantu untuk menyeberang di zebra cross, di sisi lain sudah tak terlihat mobil yang parkir di bahu jalan depan Pasar Batuah yang biasanya membuat kepadatan jalan atau macet.

“Ini sangat membantu lancarnya lalu lintas di jalan dan lebih teratur, pejalan kaki tak perlu was – was. Tengok kanan kiri dengan tangan melambai-lambai untuk menyebrang, karena sudah dibantu traffic light, dan bersihnya bahu jalan dari parkir liar,” ucapnya

Mustofa yang berjualan di dekat jalan itu juga berkomentar  tak jauh berbeda dengan Farhan, namun ia menambahkan, tingkat kecelakaan lalu lintas di simpang 4 itu menurun, pengguna jalan lebih berhati-hati dan juga lebih tertib.

“Bagusnya lagi ada petugas yang berjaga – jaga di jalan tersebut agar pengguna jalan tidak melanggar rambu- rambu lalu lintas,” ucapnya.(mj-20/sir)

 

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: