Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Arti Mimpi Potong Rambut Menurut Tafsir Islam, Pertanda Kemuliaan?

  • Bagikan
Ilustrasi potong rambut. (Pixabay/kaleido-dp)
Ilustrasi potong rambut. (Pixabay/kaleido-dp)

Islam mengajarkan tentang kebersihan jasmani serta rohani. Karena itu, Islam sangat konsen dalam menjaga peran kebersihan yang disebut sebagian dari iman.

Koranbanjar.net – Salah satunya adalah arti mimpi potong rambut. Rambut disebut sebagai daerah privasi yang dimiliki seseorang. Lantas, jika mengalami mimpi potong rambut, bagaimana tafsirnya menurut Islam?

Hal ini telah disebutkan maknanya oleh para ulama, yang dikutip dari Islami.co. Berikut ulasannya.

Arti Mimpi potong rambut

Ketika seseorang bermimpi tentang potong rambut, maka akan banyak pertanyaan di benak seseorang. Termasuk makna serta penjelasannya.

Menurut Syeh Abdul Ghani An Anblusi, dalam kitab Ta’thirul Anam fi Tafsiril Ahlam menjelaskan, “Barangsiapa bermimpi dirinya memotong rambut kepala maka maknanya ia akan dicopot kedudukan dan pangkatnya.”

Hal senada juga diungkap oleh Syeh Abu Bakar Al Ihsa’i, dalam kitab Jami Tafasiril Ahlam. Beliau mengungkapkan:

“Barangsiapa bermimpi mencukur rambutnya sedangkan dirinya memang sudah terbiasa rutin mencukurnya maka tak berarti apa-apa. Apabila dia bermimpi mencukur rambutnya padahal ia suka memanjangkan rambutnya, maka hal ini bermakna kurang baik.”

Bagaimana tafsir mimpi perempuan yang memotong rambut?

Bila ungkapan para ulama di atas adalah untuk laki-laki, bagaimana dengan perempuan yang memotong rambut? Tentu ini telah dijelaskan oleh Syekh Abu Bakar. Beliau bersabda:

Sedangkan bila seorang wanita bermimpi memotong rambut maka berarti petunjuk bahwa suami atau salah satu mahramnya akan meninggal dunia.

Dari makna tafsir mimpi ini, dikatakan bahwa perempuan yang memotong rambut sebagian saja, ditandai adanya pertengkaran dengan suaminya. Selain itu, tanda lain juga dikatakan bahwa akan ada musibah yang datang.

Pada penjelasan di atas disimpulkan, bahwa mimpi potong rambut bisa bermakna kebaikan serta bermakna kurang baik. Maka dari itu, ada baiknya perlu sikapi mimpi ini dengan cara bijaksana. (suara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *