Andin Sofyannor Terharu Bertemu Sahabat Lama

oleh -171 views
Andin Sofyannor Terharu Bertemu Sahabat Lama
Andin Sofyanoor (dua kiri) diapit oleh kedua teman lamanya.

ASTAMBUL, koranbanjar.net – Andin Sofyanoor begitu terharu ketika bertemu teman lama yang sudah 20 tahun tak berjumpa.

Pertemuan itu terjadi saat DR Andin Sofyanoor SH MH hendak bersilaturahmi dengan tokoh ulama KH Abdullah di Desa Limamar Kecamatan Astambul, Jumat (4/10/2019) malam sekitar pukul 20.00 Wita.

Ia menyempatkan diri mengunjungi Anang Hauk dan Anang Syarwani di Limamar. Dua sahabatnya dahulu, yang sama-sama waktu itu bekerja sebagai pedagang kaki lima (PKL) dengan mendatangi hari pasar pada suatu daerah di luar Kabupaten Banjar.

“Dulu kami bersebelahan rumah di Komplek Kelapa Gading, ke sana ke mari berjualan, istilahnya menyasah pasar. Dua puluh tahun tidak bertemu, tak menyangka sekarang Andin sudah sukses,” kata Anang Hauk, lelaki berusia 61 tahun.

Ditambahkan Anang Syarwani yang usianya sekitar 40 tahun, Andin Sofyanoor dahulu berdagang kaset compact disk (cd).

Mereka berdagang sampai ke Sungai Danau, dan berangkat bersama dengan pedagang lainnya untuk mendatangi hari pasar dari suatu daerah ke daerah lain.

Kenangan itu, kata Syarwani masih membekas sampai sekarang ketika mereka bertemu dan melepaskan kisah lama. “Sempat terkejut juga melihat penampilan berbeda sekarang tapi Andin tetap sederhana,” katanya.

Syamlan, rekan sesama PKL yang pernah pula ikut ke Sungai Danau pada 20 tahun silam, menceritakan bahwa agar bisa pergi ke Sungai Danau mengejar hari pasar, urunan dana menyewa truk sekitar 10 orang. “Pasarnya dekat hutan, dan kita tidurnya di pasar,” kenang Syamlan, yang usianya saat ini 35 tahun.

Waktu itu, sambungnya, dia masih muda. Namun, ikut merasakan bagaimana beratnya perjuangan dan menjalani pekerjaan menjadi PKL, yang mengejar hari pasar. (dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan