Ahmad Solhan; Birokrat Dari Kabupaten Banjar yang Ditarik Berkiprah ke Provinsi

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (kanan) dan Kepala Dinas PUPR Kalsel Ahmad Solhan (kiri), Rabu 23 November 2022 di Gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin. (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel)
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (kanan) dan Kepala Dinas PUPR Kalsel Ahmad Solhan (kiri), Rabu 23 November 2022 di Gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin. (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel)

Dua jabatan sementara ini dipercayakan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor kepada Ir Ahmad Solhan ST MT di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Hairiyadi SSos, Pemimpin Redaksi

KEPALA Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan.

Tentu saja dua jabatan diemban itu bukan tugas yang mudah untuk dilaksanakan, namun kerja keras, ikhlas dan penuh tanggung jawab terhadap tugas sebagai amanah dari suatu jabatan menjadi kunci pegangan dia menjalani karir di birokrasi.

Jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan dipercayakan sepenuhnya dan dijabat definitif setelah sebelumnya dia selaku Pelaksana Tugas pada jabatan tersebut.

Solhan dilantik sebagai penjabat definitif oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor pada Rabu 23 November 2022 di Gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin, bersama sama pejabat lainnya.

Kepala daerah Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang membumi dan mendunia dengan panggilan Paman Birin itu berselang tujuh bulan sebelumnya, Kamis 14 April 2022, melantik Ahmad Solhan sebagai Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Pilihan Sahbirin Noor untuk menetapkan Ahmad Solhan tentu tidak asal pilih, karena birokrat muda kelahiran Martapura 19 Januari 1972 itu memiliki rekam jejak panjang di Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Banjar.

Jabatan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Banjar pernah dipegangnya.

Bahkan, posisi Jabatan Tinggi Pratama eselon II selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Banjar, ditandai dengan pelantikannya di Mahligai Sultan Adam lantai 2 di Martapura, Jumat 23 April 2021.

Lelaki yang hobi ngayuh pedal sepeda alias gowes ini kemudian dipindah tugaskan di awal tahun 2022, Rabu 12 Januari dilantik dengan jabatan Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar.

“Jabatan adalah amanah, ditempatkan di manapun itu merupakan amanah, dan sesuai pesan tuan guru saya untuk selalu ikhlas menjalani ketetapan Allah Subhanahu Wa Taala,” kata Ahmad Solhan, waktu lalu kepada penulis.

Potensi birokrat yang rajin dan senang turun ke lapangan meninjau setiap pekerjaan ini ternyata dilirik Paman Birin, memboyongnya ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Dua nama pejabat Eselon 2 Kabupaten Banjar, Ahmad Solhan dan dr Diauddin dilantik bersama 14 pejabat lainnya waktu itu Kamis 14 April 2022 menjadi pejabat tinggi pratama di dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimntan Selatan, setelah melalui proses seleksi dan dinyatakan lulus di peringkat pertama.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melantik Diauddin sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, dan Ahmad Solhan dilantik sebagai Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Ada yang berbeda di Biro Kesejahteraan Rakyat atau Kesra, lebih banyak menangani bidang keagamaan seperti bantuan tempat tempat ibadah tapi itu juga menyenangkan,” kata Solhan kepada penulis, Rabu 30 November 2022.

Dengan suasana santai dan akrab, Solhan bercerita tentang kegiatan di Biro Kesejahteraan Rakyat. Di antaranya Provinsi Kalimantan Selatan yang menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional ke XXIX Tahun 2022.

Selain sukses dengan meriah kegiatannya juga membanggakan karena menempatkan Kalimantan Selatan sebagai juara 3 setelah Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Perpaduan Kepala Biro Kesra dan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan, tentu memudahkan Solhan untuk koordinasi pelaksanaan kegiatan.

Ciri khas Bumi Babussalam Kalimantan Selatan dengan dukungan kabupaten dan kota yang religi sangat ditonjolkan dalam setiap venue maupun penampilan.

“Alhamdulillah semua lancar terlaksana, sebelumnya ada beberapa venue yang sempat mengalami perubahan tampilannya,” beber dia.

Jika dibandingkan dengan beberapa Musabaqah Tilawatil Quran yang dilaksanakan di tempat lain, Provinsi Kalimantan Selatan dinilainya luar biasa. Baik dalam hal kegiatan, susunan acara, venue, hingga tanggapan dan respon peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Ke depan ini ada acara Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kalimantan Selatan di Banjarbaru,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *